Yasonna Laoly: 44 Napi Yang Kabur Sudah Ditangkap

Yasonna Laoly: 44 Napi Yang Kabur Sudah Ditangkap

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly saat menghadiri acara di Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan, Jumat (7/12)

(jw/csp)

Jumat, 7 Desember 2018 | 17:43

Analisadaily (Medan) - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan, petugas keamanan sudah menangkap 44 tahahan dari 113 narapidana yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Lambaro Kelas II A Banda Aceh, akhir November lalu.

"Tinggal sedikit lagi. Ada beberapa yang sudah diamankan di Polsek-Polsek, namun belum terdata," kata Yasonna saat menghadiri acara di Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan, Jumat (7/12).

Yasonna menuturkan, dalam pencarian pihak Lapas juga dibantu TNI-Polri. "Aparat TNI dan kepolisian terus menyisir wilayah Aceh untuk mencari puluhan napi lainnya," tutur Yasonna.

Direktur Keamanan dan Ketertiban Kemenkumham, Lilik Sujandi menjelaskan, dari pemantauan di dalam LP Banda Aceh, perhari ini sudah 35 napi telah tertangkap.

"35 napi termasuk yang menyerahkan diri sudah ditangkap, ada beberapa yang belum terdata total sudah 44 yang diamankan," ujar Lilik.

Kemenkumham senantiasa berkoordinasi dengan aparat hukum, tokoh masyarakat agar mengimbau dan berperan aktif untuk meminta kepada narapidana yang ada di luar segera menyerahkan diri.

"Kepada aparat hukum kita minta kerjasamanya untuk melakukan pengejaran," tambah Lilik.

Lilik menuturkan, ratusan napi yang kabur merupakan napi kasus narkoba. "Sebagian besar narapidana yang lari dari Lapas Banda Aceh, merupakan napi kasus narkoba," tambahnya.

Kejadian kaburnya para napi, saat beberapa di antara mereka meminta melaksanakan salat magrib berjamaah pada Kamis (29/11) sekitar pukul 18.30 WIB. Namun, saat hendak ibadah, beberapa napi memanfaatkan situasi itu untuk memprovokasi teman-temannya.

Sehingga, mereka nekat menjebol pagar dengan menggunakan barbel, linggis, dan yang lainnya untuk menjebol pagar yang ada di blok mereka. Akibatnya, ratusan orang napi kabur.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar