Wujudkan Kesejahteraan, PTPN IV Bangun Rumah Karyawan

Wujudkan Kesejahteraan, PTPN IV Bangun Rumah Karyawan

Dirut PTPN IV Siwi Peni dan jajaran direksi, Bupati Sergai Soekirman dan Ketua PWI Sumut Hermanshah saat peletakan batu pertama pembangunan rumah karyawan di Kebun Adolina, Jumat (29/3)

(hers/eal)

Jumat, 29 Maret 2019 | 21:46

Analisadaily (Sergai) - Direktur Utama PTPN IV, Siwi Peni, mengatakan program kerja PTPN IV tahun ini adalah pembangunan rumah dinas karyawan, yakni menggantikan rumah non-permanen dan semi permanen di kebun maupun unit.

"Pembangunan ini akan dilakukan secara serentak bersamaan di seluruh kebun dan pabrik di lingkungan PTPN IV dan direncanakan akan dibangun sekitar 540 rumah dinas karyawan", kata Siwi Peni usai melakukan groundbreaking di Afdeling II Kebun Adolina, Perbangunan, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (29/3).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, Ketua PWI Sumatera Utara, Hermansyah, Kapolres Serdang Bedagai AKBP Juli Arman Eka Putra Pasaribu, Kajari Serdang Bedagai Jabal Nur dan Komandan Kodim 0204 Deli Serdang, Letkol Kav. Syamsul Arifin.

Sementara dari PTPN IV selain Siwi Peni, turut hadir Direktur Komersial Umar Affandi, Direktur Operasional Rediman Silalahi, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Rizal H. Damanik, Ketua Umum SP-Bun PTPN IV Wispramono Budiman, Kepala Bagian/Project Manajer/ General Manajer Distrik/ Pengurus IKBI PTPN IV Kebun Adolina/Karyawan Pimpinan Kandir, Distrik, Kebun Adolina dan Calon Karyawan Pimpinan/ Karyawan Kebun Adolina serta undangan lain.

Siwi Peni mengatakan, pembangunan ini sudah direncanakan sejak direksi menjabat. Program tahun pertama yaitu 2018 adalah perbaikan infrastruktur, tanaman, PKS dan sarana prasarana yang menunjang produksi.

Menurutnya, karena kondisi keuangan perusahaan didukung oleh produksi dan produktivitas yang baik, program tahun 2019 selain melanjutkan program tahun lalu juga pembangunan rumah karyawan.

"Saat ini masih ada sekitar 20% rumah karyawan yang masih belum permanen dan setengah permanen. Kita harus memberikan rumah yang layak kepada karyawan PTPN IV diantaranya karena karyawan yang melakukan konstribusi kinerja pada perusahaan dan ini juga melaksanakan arahan dari Menteri BUMN ibu Rini Soemarno kepada direksi, bahwa sebagian dana perusahaan digunakan untuk membangun rumah yang layak huni kepada karyawan agar karyawan nyaman bekerja sehingga dapat berkontribusi maksimal kepada perusahaan", jelas Siwi Peni.

Siwi meminta kepada seluruh karyawan agar mengawasi bersama-sama pembangunan rumah yang akan dilakukan oleh vendor agar dihasilkan rumah seperti yang diharapkan dan sesuai dengan biaya maupun kualitasnya.

"Karena ini rumah kita semua, rumah perusahaan yang nantinya akan diwariskan pada generasi penerus kita. Tugas kita semua untuk menjaga", imbau Siwi Peni.

Sambut Baik

Sementara Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, menyambut positif pembangunan perumahan karyawan PTPN IV sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Bupati mengatakan, luas Serdang Badagai mencapai 190.000 hektare, dimana 100.000 hektare adalah lahan perkebunan dari 35 kebun.

"Patut dibanggakan 13 tahun menjabat sebagai wakil bupati dan sekarang bupati, baru kali ini jumpa Dirut PTPN IV di lapangan, ini catatan sejarah", ujar Soekirman.

Dia menjelaskan, di dalam kebun ada 48 desa kebun, seperti desa biasa, namun spesifikasi khusus desa kebun tidak diizinkan untuk membangun jalan.

"Selama ini kebun Adolina etalase bagi pemda dalam mencanangkan menambah PAD dari pariwisata, diantara pabrik pengolahan CPO, kebun dan lainnya. Kami berharap PTPN IV ikut menggali potensi tersebut," pungkas Soekirman.

(hers/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar