WN Pakistan Divonis 6 Bulan Penjara

Senin, 7 Desember 2015 | 18:54

Analisadaily (Medan) - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhkan hukuman enam bulan penjara kepada Warga Negara (WN) Pakistan, Muhammad Tahir Saleem. Ia dinyatakan bersalah karena tidak memiliki izin tinggal di Indonesia, Senin (7/12).

Selain hukuman enam bulan penjara, majelis hakim yang diketuai Fahren juga menghukum terdakwa membayar denda Rp. 25 juta subsider satu bulan kurungan.

Perbuatan terdakwa dianggap telah melanggar Pasal 122 huruf a juncto Pasal 75 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, karena dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai izin tinggal yang diberikan kepadanya.

Vonis tersebut lebih ringan daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fatah. Sebelumnya, Saleem dituntut hukuman satu tahun, denda Rp. 50 juta subsider tiga bulan kurungan.

Saleem sendiri sebelumnya ditangkap petugas dari Tim Pemantau Orang Asing Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Medan di Jalan Setia Luhur, Kecamatan Medan Helvetia. Saleem tidak bisa menunjukkan paspor maupun izin tinggal sehingga petugas membawanya untuk dimintai keterangan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui Saleem sudah 17 hari berada di Medan setelah sebelumnya singgah selama tiga hari di kediaman saudaranya di Jakarta. Mengenai paspor, Saleem mengaku sudah mengirimnya ke Jakarta dengan alasan mengurus perpanjangan visa.

(ns/ln)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar