Warga Medan Diajak Jaga Toleransi dan Saling Menghargai

Warga Medan Diajak Jaga Toleransi dan Saling Menghargai

(FOTO: Istimewa).

(rel/rzd)

Selasa, 22 Januari 2019 | 16:17

Analisadaily (Medan) - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, melepas kereta kecana yang membawa patung Dewa Murugan dalam perayaan Thaipusam di depan Kuil Sree Soepramaniam Nagararattar, Jalan Kejaksaan, Senin (21/1) malam.

Meski sempat diguyur hujan deras, ribuan umat Hindu keturunan Tamil hadir untuk mengikuti prosesi Thaipusam yang merupakan perayaan kemenangan nilai-nilai kebaikan atas segala bentuk kejahatan, nafsu, dan angkara murka.

Tidak hanya umat Hindu, perayaan Thaipusam juga dihadiri warga Kota Medan yang berlatar suku dan agama berbeda, karena menariknya ritual yang dilaksanakan. Menurut Eldin, tidak heran jika momen ini kerap menjadi salah satu momen yang senantiasa  dinantikan mayoritas warga Kota Medan.

“Hal ini menunjukkan nilai-nilai toleransi dan saling menghargai yang masih kuat terpartri di sanubari warga Kota Medan. Untuk itu marilah kita terus menjaga toleransi dan rasa saling menghargai dengan baik,” kata Eldin, ditulis Selasa (22/1).

Selain sebagai bentuk perayaan dan penghormatan atas momen  Parvati memberikan tombak vel kepada Dewa Murugan atau dikenal juga sebagai Dewa Subramaniam, agar bisa mengalahkan sang setan Soorapadman.

Thaipusam juga dianggap sebagai hari menunaikan nazar dan menebus dosa serta memohon ampunan atas segala salah dan dosa yang telah dilakukan selama ini.

“Meski cara nazar untuk menebus dosa yang dilakukan cukup ekstrim hingga membuat yang melihatnya merinding, namun karena dilandasi iman yang kuat, umat Hindu yang melakukan penebusan dosa itu senantiasa terlindungi dari segala bentuk marabahaya selama prosesi perayaan Thaipusam,” jelas Eldin.

Perayaan Thaipusam ditandai dengan pelepasan kereta kencana yang membawa patung Dewa Murugan. Tercatat, ada empat kereta kencana yang dilepas Wali Kota didampingi anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Karo SDM Poldasu, Kombel Pol I Ketut Suwardana.

Kemudian Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Nanda Ramli, unsur Forkopimda Medan,  Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumut, S Siwaji Raja, Ketua PHDI Kota Medan, Surya, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar