Warga Binaan Pematangsiantar Peringati Hari Kartini

Warga Binaan Pematangsiantar Peringati Hari Kartini

Warga Binaan merayakan Hari Kartini dan Hari Bakti Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar, Jalan Asahan, Jumat (21/4)

(fhs/csp)

Jumat, 21 April 2017 | 16:22

Analisadaily (Simalungun) – Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan sangat antausias saat mengikuti perlombaan yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kartini dan Hari Ulang Tahun Bakti Pemasyarakatan ke-53 di Lapas Klas IIA Pematangsiantar, Jumat (21/4).

Sebanyak 57 wanita dari Warga Binaan Pemasyarakatan turut merayakan Hari Kartini dengan meramaikan lomba permainan tradisional terompa panjang, tarik tambang dan tarian jeruk di lapangan Lapas.

"Agenda lomba terompa ini dalam rangka HUT Hari Bakti Pemasyarakatan. Kegiatan seperti ini diharapkan bisa memupuk kekompakan, kebersamaan warga binaan Lapas dengan petugas Lapas," kata Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Batara Hutasoit, Jumat (21/4).

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang dimulai dari 17 April dengan giat Gotong Royong, 20 April acara Khatam Al Quran dan 21 April Lomba Olahraga Tradisional (Terompah, Tarik Tambang, Joget Jeruk).

Ada juga perayaan Paskah pada 23 April serentak se-Indonesia. Dan acara puncak HUT Bakti Pemasyarakatan pada 27 April ditutup dengan upacara.

Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik, Japaham Sinaga mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Kartini sekaligus rangkaian acara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53 yang jatuh pada tanggal 27 April 2017 mendatang.

Warga Binaan merayakan Hari Kartini dan Hari Bakti Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar, Jalan Asahan

Warga Binaan merayakan Hari Kartini dan Hari Bakti Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar, Jalan Asahan

Dijelaskannya, perlombaan atau permainan tradisional ini sudah setiap tahun digelar di Lapas. Tujuannya juga bagian dari pembinaan.

Apalagi hiburan seperti ini dibutuhkan untuk memupuk kebersamaan dan rasa kekeluargaan. "Harapan kita dengan adanya perlombaan ini komunikasi warga binaan dan petugas pemasyarakaran bisa terjalin dengan baik," ujarnya.

(fhs/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar