Warga Bantaran Sungai Sordang Tapteng Tangkap Seekor Buaya

Warga Bantaran Sungai Sordang Tapteng Tangkap Seekor Buaya

Seekor buaya yang ditangkap warga.

(jw/rzd)

Sabtu, 9 Maret 2019 | 18:29

Analisadaily (Tapteng) - Warga yang tinggal di bantaran Sungai Sordang, Desa Makartinauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menangkap seekor buaya yang diperkirakan memiliki panjang 2,5 meter.

Dari informasi yang diperoleh Analisadaily.com, Sabtu (9/3), buaya tersebut sebelumnya pernah meneror warga bahkan ternak warga sempat dimakan. Ditangkapnya buaya tersebut karena terjerat jaring warga.

Kepala Desa Makartinauli, Nasrul mengatakan, buaya itu tertangkap sekitar pukul 07.00 WIB oleh warga di bantaran Sungai Sordang. "Saat terjerat jaring, warga langsung menangkap dan mengikat buaya tersebut," katanya.

"Warga pun langsung mengamankan buaya itu," sambung Nasrul.

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Seno Pramudita menuturkan, saat ini pihaknya sudah menuju ke lokasi. Mereka akan mengamankan buaya tersebut.

"Tim kita dari resort Sibolga dan Tarutung sudah dalam perjalanan untuk mengamankan buaya itu," tuturnya.

Terkait jenis kelamin dari buaya itu, Seno belum mendapat kabar pasti soal jenis kelamin buaya. Namun kabar dari masyarakat yang di lokasi buaya itu berjenis kelamin betina.

"Memang sebelumnya ada laporan ke kita. Kemudian petugas datang ke lokasi. Cuma buaya tidak kelihatan lagi. Jadi kami memberikan sosialisasi ketika itu muncul dilaporkan. Jadi kalau ada buaya jangan dibunuh. Tapi laporkan ke kita," ucapnya.

Seno menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penyelidikan lanjutan di lokasi temuan buaya. Hal itu dilakukan untuk mencari buaya lain yang mungkin berada di sungai tersebut.

"Bisa jadi kita selidiki. Bekerja sama dengan masyarakat di sana. Kalau sudah tanda-tanda akan kita lakukan langkah evakuasi. Kita juga akan tetap lakukan pemantauan, jika ada buaya yang menampakkan dirinya di Sungai Sordang," terangnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar