Wakil KSAU Pimpin Tim Investigasi Jatuhnya T-50i Golden Eagle

Pesawat Jatuh di Airshow

Wakil KSAU Pimpin Tim Investigasi Jatuhnya T-50i Golden Eagle

(dtc)

Minggu, 20 Desember 2015 | 17:09

detikNews - Jakarta, TNI AU sudah membentuk tim panitia penyelidik kecelakaan pesawat terbang (PPKPT) jatuhnya pesawat tempur jenis T-50i Golden Eagle di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Tim investigasi ini langsung dipimpin Wakil Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja.

"Langkah-langkah yang diambil adalah tim investigasi sudah ke Yogya. Tim investigasi diketuai langsung oleh Wakil KSAU," ujar Kadispen TNI AU Marsma Dwi Badarmanto di gedung Suma III, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/12/2015).

Dwi menambahkan tim investigasi ini akan mengkaji secara detail satu persatu aspek mulai dari unsur manusia, mesin, sampai peralatan untuk menyimpulkan penyebab kecelakaan.

"Beliau akan pimpin tim investigasi untuk mencari atau menemukan hal apa yang menyebabkan (kecelakaan) bisa terjadi," sebut jenderal bintang satu itu.

Soal kualitas pesawat, menurut Dwi, T-50i Golden Eagle merupakan pesawat tempur latih yang tergolong baru. Ia menyebut pada 2013 lalu, pemerintah yaitu Kementerian Pertahanan membeli satu skadron pesawat ini dari Korean Aero Industries (KAI), Korea Selatan untuk ditempatkan di Skadron 15, Lanud Iswahjudi, Madiun.

"Untuk mengetahui penyebab kecelakaan, pihak TNI AU sudah membentuk tim, saat ini sedang bekerja melakukan penyelidikan lebih lanjut," tuturnya.

Lantas, Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Agus Supriatna rencananya secepatnya segera terbang ke Yogyakarta untuk mengecek langsung.

"Kemudian, Kepala Staf TNI AU sendiri bila cuaca bagus atau sore atau secepatnya, beliau akan berangkat ke Yogya," tuturnya. (hty)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar