Wagubsu Temui Kepala BNPB Bahas Relokasi Korban Sinabung

Banjir di Medan Juga Masuk Agenda Pembahasan

Wagubsu Temui Kepala BNPB Bahas Relokasi Korban Sinabung

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, bertemu Kepala BNPB Doni Monardo di Kantor BNPB Jakarta, Jumat (19/7)

(jw/eal)

Jumat, 19 Juli 2019 | 17:00

Analisadaily (Medan) - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, bertemu dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, di Kantor BNPB Jakarta, Jumat (19/7).

Selain bersilaturahmi, keduanya juga membahas tentang relokasi tahap III korban erupsi Gunung Sinabung hingga penanganan banjir di Kota Medan dan sekitarnya.

Untuk relokasi tahap III di Siosar, Kabupaten Karo, pembangunan rumah pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung sebanyak 892 unit akan dimulai Agustus 2019. Pembangunannya menggunakan dana hibah dari BNPB sebesar Rp 161 miliar. Peletakan batu pertama akan dilaksanakan 4 Agustus 2019.

"Untuk itu kami mengundang Bapak Kepala BNPB untuk hadir sekaligus melakukan peletakan batu pertama. Merupakan kehormatan bagi kami jika Bapak berkenan hadir dalam acara tersebut," kata Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Dalam pertemuan itu juga dibahas tentang percepatan pencairan dana hibah BNPB/Kemenkeu yang sudah direkomendasikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dan sudah diverifikasi BNPB sejak tahun lalu. Khususnya untuk pengendalian banjir rob dan sungai-sungai yang melintas di Kota Medan.

"Diharapkan, dana tersebut dapat segera dicairkan, sehingga penanganan banjir di Kota Medan dan sekitarnya dapat segera dilakukan," sambung Ijeck.

Dibahas juga tentang kebutuhan logistik dan peralatan bencana untuk Provinsi Sumatera Utara. Diketahui bahwa Sumut merupakan salah satu daerah yang rawan bencana, terutama bencana banjir dan longsor.

"Karena itu, kebutuhan logistik dan peralatan bercana sangat dibutuhkan keberadaannya," jelas Ijeck yang didampingi Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis.

Selain itu, percepatan pembangunan Gudang Logistik Regional Sumatera di atas lahan seluas 3-5 hektare oleh BNPB di sekitar Bandara Kualanamu juga menjadi pembahasan. Diharapkan pembangunannya dapat terealisasi sehingga dapat segera dimanfaatkan.

Sementara itu Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan, para prinsipnya BNPB mendukung setiap upaya percepatan penanggulangan bencana, termasuk di Sumut.

"Karena penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan cepat dan tepat, serta efektif dan efisien merupakan tugas dari BNPB." jelasnya.

Doni Monardo juga menuturkan tentang apa saja yang harus disiapkan untuk penanggulangan bencana di pusat. Serta memberikan saran-saran apa saja yang mesti disiapkan untuk penanggulangan bencana di daerah, baik dari sisi prosedur serta perlengkapan.

Doni juga menjelaskan apa yang dimaksud dengan evakuasi, serta tata cara menjalankan evakuasi dalam menghadapi bencana.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar