Volume Angkutan Barang KAI Divre I Sumut Naik 13%

Volume Angkutan Barang KAI Divre I Sumut Naik 13%

Ilustrasi.

Kamis, 25 Oktober 2018 | 16:31

Analisadaily (Medan) - Pada semester I tahun 2018 volume angkutan barang PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara naik 13 persen dibandingkan periode sama 2017.

Manager Humas PT KAI Sumut, M Ilud Siregar mengatakan, realisasi angkutan barang pada semester 1 tahun 2018 mencapai  389.798 ton dari periode sama 2017 yang sebanyak 343.508 ton.

“Walau masih di bawah target pada periode itu, sebanyak 470.069 ton, tetapi peningkatan volume barang yang diangkut KAI di semester 1 2018 itu menggembirakan,” kata Ilud, Kamis (25/10).

Diungkapkan Ilud, harapan KAI ke depannya volume barang yang diangkut kereta api itu bisa terus naik. Apalagi potensi barang yang bisa diangkut kereta api di Sumut masih cukup besar.

“Potensi besar itu antara lain dengan meningkatkan perekonomian, juga akan beroperasinya kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung,” ujarnya.

Ilud menyebut, operasional KA barang yang akan menghubungkan Bandar Tinggi-Pelabuhan Kuala Tanjung diyakini diminati perusahaan industri di kawasan tersebut.

“Pengusaha akan berminat, karena dengan penggunaan angkutan kereta api, barang yang diangkut lebih aman,” sebutnya.

Diakui Ilud, sudah ada beberapa perusahaan yang menyatakan minat untuk menjadi pelanggan kereta api barang Bandar Tinggi-Kuala Tanjung.

“Hingga saat ini barang yang diangkut KAI berupa bahan bakar minyak atau BBM, crude palm oil, lateks, barang hantaran penumpang, dan peti kemas,” tandasnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar