Verifikasi Faktual Hasil Perbaikan Dua Partai Baru Dihentikan Sementara

Verifikasi Faktual Hasil Perbaikan Dua Partai Baru Dihentikan Sementara

Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain.

(aa/rzd)

Senin, 22 Januari 2018 | 22:18

Analisadaily (Medan) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara diminta untuk menghentikan sementara waktu verifikasi faktual hasil perbaikan terhadap partai politik (parpol) baru calon peserta Pemilu 2019 hasil putusan Bawaslu, Partai Garuda dan Berkarya.

"Penghentian sementara itu berdasarkan surat edaran (SE) nomor 62 tahun 2018," kata Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain, kepada Analisadaily.com, Senin (22/1).

Sebelum keluarnya SE tersebut, seluruh KPU Kabupaten/Kota di Sumut melakukan verifikasi faktual hasil perbaikan Partai Garuda dan Berkarya pada 23 Januari-3 Februari 2018.

Dijelaskan Iskandar, pelaksanaan verifikasi faktual terhadap dua partai baru tersebut dilaksanakan berdasarkan surat keputusan (SK) KPU Nomor 233/2017 beberapa waktu lalu.

"Namun berdasarkan SE 62/2018 itu harus dihentikan sementara. Hal ini tak lain menyikapi hasil putusan MK (mahkamah konstitusi) agar dilakukan juga verifikasi faktual terhadap partai lama (peserta pemilu 2014)," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, verifikasi faktual hasil perbaikan untuk Partai Garuda dan Berkarya di tingkat kabupaten/kota di seluruh Sumut akan disesuaikan dengan jadwal baru.

"Berdasarkan SE 62/2018 tersebut, jadwal barunya diatur pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017," sebutnya.

"Dan nanti akan kita informasikan kapan jadwal rincinya karena PKPU 5/2018 itu sendiri belum keluar dalam laman JDIH (Jaringan Data dan Informasi Hukum) KPU RI," tandasnya.

(aa/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar