USBN dan UNBK SMP di Kota Medan Berjalan Lancar

USBN dan UNBK SMP di Kota Medan Berjalan Lancar

Walikota Medan, Dzulmi Eldin, bersama Kadis Pendidikan Medan, Marasutan, meninjau pelaksanaan UNBK SMP

(jw/eal)

Selasa, 23 April 2019 | 19:15

Analisadaily (Medan) - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjalan lancar di Kota Medan.

"Pelaksanaan USBN untuk SD dan UNBK untuk SMP di Medan berjalan lancar," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Marasutan Siregar, Selasa (23/4).

"Kami juga telah memantau beberapa SD dan SMP bersama Walikota Medan, Pak Eldin untuk melihat pelaksanaan UN dan semua tidak ada kendala," sambung Marasutan.

Marasutan menjelaskan peserta USBN tingkat SD di Kota Medan sebanyak 44.571 siswa dengan sekolah penyelenggara berjumlah 903. Sedangkan peserta UNBK tingkat SMP sebanyak 45.515 siswa.

"Sementara sekolah penyelenggara sebanyak 456 dengan perincian SMP negeri ada 45 sekolah, SMP swasta 328 sekolah, SMP terbuka 3 sekolah, MTs negeri 4 sekolah dan MTs swasta 76 sekolah," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Arsyad Lubis, berharap agar pelaksanaan UNBK nantinya dapat dilaksanakan senya sekolah, baik tingkat SMA, SMK hingga SMP di setiap kabupaten/kota di Sumut.

"Kita harapkan ke depannya presentasi UNBK ‎naik lagi sehingga integritasnya makin naik dan baik," ujarnya.

Melalui UN, Arsyad berharap ada standarisasi sekolah dengan kualitas yang baik, termasuk untuk peningkatan kualitas siswa ke depannya.

"Melalui UN ini terpetakan. Standar sekolah yang bagus dan yang mana belum bagus. Itu tujuan dari UN‎," ungkapnya.

Sementara data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Sumatera Utara menyebut ada 282.990 siswa di Provinsi Sumatera Utara yang mengikuti Ujian Nasional tingkat SMP Tahun Ajaran (TA) 2019/2020. Dilaksanakan secara Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Untuk SMP di Sumut menggelar UNKP sebanyak 558 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 32.302 siswa. Sedangkan UNBK dilaksanakan di 1.923 sekolah dengan jumlah peserta 183.775 siswa.

Sementara sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs)‎ di Sumut sudah 100 persen melaksanakan UNBK dengan jumlah 1.009 madrasah dan peserta sebanyak 65.714 siswa.

Untuk SMP terbuka melaksanakan UNBK berjumlah 13 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 907 siswa dan SMP terbuka melaksanakan UNKP berjumlah 3 sekolah dengan jumlah peserta 44 siswa.

Untuk SMP luar biasa melaksanakan UNKP berjumlah 22 sekolah dengan ‎jumlah peserta 164 siswa. SMPTK melaksanakan UNBK sebanyak 1 sekolah dengan jumlah peserta 15 orang dan SMPTK melaksanakan UNKP sebanyak 6 sekolah dengan jumlah peserta 69 siswa.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar