Usai Ekspedisi, Atlet Kayak URaL Akan Promosikan Danau Toba

Usai Ekspedisi, Atlet Kayak URaL Akan Promosikan Danau Toba

Tim Kayak URaL SMA 28 Jakarta bersiap mengarungi Danau Toba

(jw/eal)

Minggu, 7 Juli 2019 | 22:09

Analisadaily (Samosir) - Tim Kayak Pelajar dari Udara Rimba dan Laut (URaL) SMA 28 Jakarta melanjutkan ekspedisi terakhir di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Tim yang terdiri dari enam atlet ini bergerak dari Pantai Batu Hoda menuju Tuk-Tuk, Minggu (7/7). Persiapan dimulai dengan memeriksa kondisi stamina atlet. Usai ekspedisi, para atlet akan mempromosikan Danau Toba.

Salah satu atlet Kayak, Aryadieni Farah Ayu Santoso, mengaku memilih kayak sebagai olah raganya karena kecintaan terhadap daerah maritim dan minimnya sispala (siswa pecinta alam) yang fokus pada maritim. Padahal Indonesia lebih banyak wilayah perairannya.

"Kita banyak potensi daerah pariwisata, apalagi Danau Toba ini bagus banget, dan kita bakal promosikan Danau Toba," kata Farah.

Farah berharap ke depannya olahraga kayak semakin diminati. Apalagi Indonesia mempunyai pantai yang ombaknya tak kalah indah dengan negara lain.

"Semoga kayak semakin populer karena sebenarnya ombak di Indonesia itu asyik sekali. Terkhusus Danau Toba, dan kami berharap Danau Toba semakin maju. Mengapa saya katakan demikian, karena saya melihat danau ini banyak potensinya," ungkapnya.

Sementara atlet lainnya, Nur Aliyah Sabira, menuturkan bahwa sebelum melakukan ekspedisi, mereka melakukan pengetesan medan yang akan dilalui. Bagi mereka ini adalah kali pertama ekspedisi di Danau Toba.

Tim Kayak URaL SMA 28 Jakarta

Tim Kayak URaL SMA 28 Jakarta

"Kurang lebih dua hari melakukan water test untuk mengetahui bagaimana kondisi alam di Danau Toba. Di sini kita belum tau keadaannya, bisa aja tiba-tiba datang ombak dan angin kencang. Jadi, ya kenalan dulu sama kondisinya," tutur Sabira.

Bagi sebagian orang, kayak adalah olahraga yang berbahaya dan harus memiliki keahlian khusus. Namun bagi siswi SMA 28 Jakarta ini kayak adalah olahraga menarik dan aman.

"Asalkan setiap pemain kayak menggunakan peralatan yang sesuai standarnya, semua aman," tukasnya.  

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar