Upaya Mengurangi Sampah Plastik Melalui Aksi Bersih Sungai Deli

Upaya Mengurangi Sampah Plastik Melalui Aksi Bersih Sungai Deli

Aksi bersih Sungai Deli, Kamis (29/8)

(hers/rzd)

Kamis, 29 Agustus 2019 | 16:22

Analisadaily (Medan) - Danone-AQUA dan Terra Simalem gelar Aksi Bersih Sungai Deli dan Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) di Jalan Karya Jaya, Gang Karya Muda, Kelurahan Pangkalan Mashyur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat #Bijak Berplastik di masyarakat, terutama yang hidup di bantaran Sungai Deli khususnya, dan Kota Medan pada umumnya.

Corporate Communications Danone Indonesia, Michael Liemena mengatakan, Aksi Bersih Sungai Deli dan Sosialisasi PHBS komitmen Danone-AQUA bersama jurnalis Kota Medan dan sejumlah penggiat lingkungan hidup di Sumut yang tergabung dalam berbagai komunitas untuk menjaga dan merawat bantaran Sungai Deli, baik dari sisi kebersihan maupun kesehatan.

“Kita sama-sama mengetahui, Sungai Deli wajah Kota Medan. Dalam hal ini sudah sepantasnya kita bersama-sama pemerintah, warga sekitar, komunitas lingkungan hidup, dan insan pers meningkatkan kepedulian untuk menjaga kebersihan. Nantinya memiliki hubungan dengan peningkatan kualitas hidup sehat di tengah-tengah masyarakat pinggiran Sungai Deli,” kata Michael, Kamis (29/8).

Kegiatan ini juga sambung Michael adalah cara mengedukasi masyarakat untuk dapat lebih bijak menggunakan kemasan plastik. Aksi ini sekaligus menjadi bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang menggarisbawahi tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia.

“Komitmrn itu berupa Pengembangan Infrastruktur Pengumpulan Sampah, Edukasi Konsumen, dan Inovasi Kemasan Produk,” ujarnya.

Danone-AQUA terus mendorong berbagai solusi inovatif berbasis kolaborasi untuk menghadapi permasalahan sampah plastik di Indonesia, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi 70% sampah plastik di lautan pada tahun 2025.

“Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan perubahan pola pikir dari model ekonomi linear menjadi sirkular, di mana botol plastik harus dimaknai sebagai sesuatu yang berharga dan dapat digunakan kembali sebagai bahan baku, termasuk bahan baku untuk botol baru,” ungkapnya.

Pelaksana kegiatan dari Terra Simalem, Nanang menerangkan, Aksi Bersih Sungai Deli dan Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah kelanjutan dari Diskusi Publik Bijak Berplastik yang baru-baru ini digelar di FISIP USU.

“Kolaborasi berbagai pihak terkait dalam kegiatan ini dan secara bersama-sama turun langsung melihat realitas di lapangan,” sebutnya.

Kegiatan yang digalang bersama Pemerintah Kecamatan Medan Johor, Prodi Ilmu Kesos FISIP USU Medan, Karang Taruna Medan Johor, Kopasude, OCC BPK OI Medan, Komapal Univertas Panca Budi Medan dan masyarakat Kelurahan Pangkalan Mashyur ini merupakan langkah bijak.

Aksi Bersih Sungai dan Sosialisasi PHBS juga menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya dari Dinas Lingkungan Hidup Provsu, Dinas Kesehatan Provsu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Camat Medan Johor dan Danone-AQUA.

(hers/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar