UNBK Terkendala, Server SMAN 4 Medan Diserang Virus Trojan

UNBK Terkendala, Server SMAN 4 Medan Diserang Virus Trojan

llustrasi. Pelaksanaan UNBK T.A 2018/2019

(jw/eal)

Selasa, 2 April 2019 | 19:35

Analisadaily (Medan) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sempat terkendala di SMA Negeri 4 Medan akibat server komputer terserang virus, Senin (1/4) kemarin.

Setelah dilakukan pengecekan, tim Help Desk UNBK Provinsi Sumatera Utara mengidentifikasi virus yang menyerang server di SMAN 4 Medan merupakan virus trojan.

Koordinator Help Desk UNBK Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara, Duta Salendra, mengatakan bahwa akibat virus trojan, terdapat 331 siswa SMAN 4 Medan yang harus mengikuti ujian susulan.

"Setelah kita cek ternyata virusnya jenis trojan. Virus itu bisa menyerang server karena hard disk kurang steril," katanya, Selasa (2/4).

Duta menjelaskan bahwa hal serupa juga pernah terjadi sebelumnya. Namun virus menyerang ‎saat simulasi UNBK.

"Ini pernah terjadi, tapi bukan pas hari pelaksanaan ujian yang digelar setiap tahun," jelasnya.

‎Menurutnya, virus yang berasal dari hard disk yang tidak steril, menyebar ke jaringan seluruh server di SMA Negeri 4 Medan. Namun saat ini virus tersebut sudah bisa dikendalikan.

"Saat menginstal, dicolokkan saat hard disknya sudah terjangkit. Satu jaringan jadi kena yang lainnya," ungkapnya.  

Duta memastikan bahwa virus tersebut bukan ulah dari hacker. Karena aksi hacker bisa dilakukan bila terkoneksi dengan jaringan internet. Sementara UNBK semi online karena terkoneksi ke jaringan saat mengunggah jawaban ujian dari peserta ke server milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Tidak ada hacker, koneksi ke pusat atau ke internet saat upload saja. Masukan password-nya kita dapat secara offline pada pagi hari. Istilahnya token. Kita minta baru muncul, semi online. Tipe online, ada offline," tukasnya.

Seperti diketahui, sebagian siswa SMA Negeri 4 Medan gagal mengikuti UNBK. Sesi pertama seluruh siswa gagal, sesi II dan sesi III sebagian yang mengikuti UNBK dengan total keseluruhan 331 siswa gagal melaksanakan UNBK. Ratusan siswa itu akan mengikuti UNBK susulan pada 15 April 2019 mendatang dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar