Ulama Sumatera Utara Ustaz Sofyan Saha Berpulang

Ulama Sumatera Utara Ustaz Sofyan Saha Berpulang

Musa Rajekshah memanjatkan doa di samping jenazah almarhum.

(rel/rzp)

Selasa, 13 Maret 2018 | 13:44

Analisadaily (Medan) - Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Sumatera Utara kehilangan salah satu ulama terkemuka. Ustaz Dr H M Sofyan Saha, yang sangat dicintai umat berpulang pada Senin (12/3) pukul 23.23 WIB di Rumah Sakit Bidadari, Kota Binjai.

Kabar kepulangan Ketua Da'i Asia Tenggara itu terbilang cukup mengagetkan. Sebab sekira dua hari sebelumnya, Sofyan Saha masih aktif dalam subuh berjamaah dan tabligh akbar.

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagubsu) Musa Rajekshah juga menyampaikan belasungkawa terhadap ulama yang peduli dengan dakwah dan generasi muda tersebut. Saat memberi sambutan takziah di rumah duka, Musa Rajekshah mengatakan, salah seorang ulama Sumut telah meninggalkan umat.

"Jodoh pertemuan maut dan rezeki adalah rahasia Allah. Sabtu pagi jami masih subuh berjamaah bersama Ustaz Abdul Somad, tapi Almarhum sudah mendahului kami tadi malam. Hari ini kita diberi peringatan bahwa Yang Punya Kuasa hanya Allah Swt," kata Musa Rajekshah, Selasa (13/3).

"Seorang ulama meninggalkan kita, namun semangat beliau telah tinggal di hati kita. Juga terpatri pada banyak santri asuhan beliau, dan akan menjadi pengganti beliau. Hidup setelah mati adalah kehidupan sesungguhnya, oleh karena itu kita persiapkan dengan berbuat kebaikan semasa di dunia," kata pria akrab disapa Ijeck itu.

Sofyan Saha merupakan ulama yang dekat dengan Ijeck selama bertahun-tahun. Saat Ijeck meniatkan diri berjuang dalam Pilgub Sumut, Ustaz Sofyan Saha menitipkan pesan agar selalu peduli terhadap umat dan ulama.

Saat dzikir akbar di BKM Al-Muslimin, Sabtu 10 Februari 2018 malam, Ustaz Sofyan Saha yang mengalungkan sorban kepada Ijeck.

Pernyataan dukacita juga datang dari Tuan Guru Persulukan Tareqat Naqsabandiyah Simalungun, Ahmad Sabban Rajagukguk. "Sabtu pagi kita masih subuh berjamaah. Malam ini beliau sudah dipanggil Allah Swt. Insha Allah Al Fatihah," kata Tuan Guru Ahmad Sabban Tajagukguk dalam akun Facebook-nya.

Ketua KNPI Sumut, Sugiat Santoso, juga mengaku kaget dengan kabar kepulangan Sofyan Saha. "Saya harus berulangkali membaca pesan WhatsApp soal kabar kepulangan beliau. Sabtu pagi kita masih Subuh Berjamaah Pak Doktor," kata Sugiat di akun Facebook-nya pula.

Dr. H. Sofyan Saha merupakan alumni India dari Jamia Millia dan University of Lucknow. Beliau tercatat sebagai Dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dan aktif di berbagai organisasi, termasuk Ikatan Dai (IKADI).

(rel/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar