UKW XVIII Berbayar PWI Sumut Disambut Meriah

UKW XVIII Berbayar PWI Sumut Disambut Meriah

UKW XVIII Berbayar PWI Sumut.

(hers/rzd)

Sabtu, 22 September 2018 | 15:15

Analisadaily (Medan) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut), Hermansjah, membuka Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVIII, Sabtu (22/9).

UKW XVIII menurunkan penguji dari pusat, Djunaidi Tjunti Agus, dan Dr. Dedi Syahputra (penguji Medan). Ini merupakan terobosan baru bagi PWI Sumut, karena dilaksanakan secara mandiri (berbayar).

Peserta terpaksa merogoh kocek pribadi sebagai peserta UKW. Dibanding pelaksanaan UKW sebelumnya, yang menggunakan dana hibah dari APBD Provinsi maupun Kota dan daerah, serta mitra PWI Sumut, sehingga pelaksanaannya diikuti peserta secara gratis.

Panitia Pelaksana, Khairil Muslim mengatakan, UKW berbayar juga bisa terlaksana, mengingat membludaknya peserta UKW XVI pada 5-6 September 2018 di Emerald Garden Hotel, diikuti 60 peserta. Padahal pendaftar lebih 200 orang untuk tingkatan Muda (6 kelas), Madya (1 kelas) dan Utama (2 kelas).

“Makanya ketika dibuka kelas UKW berbayar, langsung disambut peserta dengan sukacita,” kata Khairil, yang juga Wakabid Organisasi PWI Sumut, didampingi Rizal Rudi Surya, Wakabid Pendidikan.

Ke depan bila masih banyak peminat, PWI Sumut kembali menggelar UKW berbayar. Dengan biaya per peserta Rp 2 juta.

Ketua PW Sumut, Hermansjah menambahkan, hingga UKW XVII tercatat sudah 540 orang wartawan yang kompeten di Sumatera Utara. Di seluruh Indonesia tercatat 9.400 wartawan kompeten dalam UKW diselenggarakan PWI.

“Diharapkan melalui UKW XVIII yang diikuti 12 peserta, jumlah wartawan kompeten di Sumatera Utara bakal bertambah lagi,” tandasnya.

(hers/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar