Tobasa Tuan Rumah Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan

Tobasa Tuan Rumah Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan

Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian, saat memberikan pemaran kepada perwakilan TNI dan BKKBN Sumut, Sabtu (17/6)

(eal/csp)

Sabtu, 17 Juni 2017 | 17:57

Analisadaily (Tobasa) - Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian, menyambut audiensi yang dilakukan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang hal ini diwakili Kabid KB/KR , A. Sofian Rangkuti di Rumah Dinas Bupati Toba Samosir, Jumat (16/6).

Audiensi yang membicarakan pelaksanaan Pencanangan Bhakti Sosial TNI-KB-Kes Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 di Kabupaten Toba Samosir itu juga dihadiri Kabid Adpn, Ali Sujoko bersama utusan Kodam I/Bukit Barisan dan Dinas Kesehatan Sumut.

"Suatu penghargaan bagi kami, Kabupaten Toba Samosir dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Pencanangan Bhakti Sosial TNI-KB-Kes Tingkat Sumatera Utara Tahun 2017. Kami siap menjadi tuan rumah dan akan mempersiapkannya dengan baik,” kata Darwis Siagian.

“Kami berharap ini dapat meningkatkan pelayanan KB, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Tobasa. Dengan hadirnya ribuan orang, bisa meningkatkan gaung pariwisata di Toba Samosir.”

Menurutnya, jumlah penduduk yang tidak terkendali dan tidak diimbangi dengan kualitas SDM, mengakibatkan berbagai masalah bagi bangsa ini. Oleh karena itu, pemerintah harus serius menangani masalah kependudukan di Indonesia.

"Pemkab Tobasa mendukung penuh Program KB sehingga diharapkan pertumbuhan penduduk di kabupaten ini seimbang dan berkualitas," tambahnya.

Dalam laporannya, Kabid KB/KR Perwakilan BKKBN Sumut, A. Sofian Rangkuti, menyampaikan kepada Darwin Siagian, puncak kegiatan dilaksanakan, Kamis (6/7). Dan mengundang para Bupati/Walikota se-Sumut, Danrem/Dandim se-Sumut, mitra kerja, masyarakat sekitar 1500-2000 orang.

Demi menyemarakkannya, akan diadakan berbagai acara, termasuk Pekan Pelayanan KB Serentak di seluruh Kab/Kota se-Sumut, Pelayanan KB (IUD, Implant, PIl, Suntik, Kondom), pelayanan kesehatan gratis, pelayanan iva, Sosialisasi Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), sosialisasi Generasi Berencana (GenRe), Pelayanan KB MOP dan MOW dan Pencanangan Kampung KB.

Menurut Ali Sujoko, pelaksanaan diharapkan sebagai role model untuk dapat diadopsi oleh Kabupaten/Kota lainnya. "Setelah pencanangan perlu dilakukan intervensi program lintas sektor untuk meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat," imbaunya.

Puncak Pencanangan Bhakti Sosial TNI-KB-Kes Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 akan dipusatkan di Desa Sibolahotang Kecamatan Balige yang terletak di pinggiran Danau Toba.

Pada audiensi itu, hadir juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Tobasa, Pontas Batubara, Kabid KB Dinas P2KB Permprovsu, Sukarni, Pasiter Kodim 0210, Kapten Sumarsono dan Danramil Balige, Kapten A. Simanjuntak.

(eal/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar