TNI AU Minta Publik Tak Langsung Ambil Kesimpulan dari Video Jatuhnya T-50i

TNI AU Minta Publik Tak Langsung Ambil Kesimpulan dari Video Jatuhnya T-50i

(dtc)

Minggu, 20 Desember 2015 | 19:14

detikNews - Jakarta, Video amatir detik-detik jatuhnya pesawat jenis T-50i Golden Eagle di Lapangan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta beredar luas di kalangan masyarakat. Pihak TNI Angkatan Udara meminta masyarakat untuk tak cepat mengambil kesimpulan hanya berpatokan terhadap video amatir.

Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Dwi Badarmanto menegaskan masyarakat harus menunggu sumber dari pihaknya.

"Jadi, kalau sumber itu dipercayakan kepada saya di sini. Percayakan kepada saya. Ini masih dalam percayakan kepada kami, masih penyelidikan. Jangan percaya dulu terhadap video amatir," ujar Dwi di gedung Suma III, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/12/2015).

Dia meminta agar masyarakat percaya terhadap tim investigasi yang sudah dibentuk untuk melakukan penyelidikan penyebab jatuhnya T-50i tersebut. Bila ada hasil kesimpulan, maka akan pihak TNI AU bisa menjelaskan secara detail.

"Saatnya kami jelaskan, itu kenapa terjadi. Tapi, tolong rekan-rekan media percayakan kepada saya di sini untuk berikan penjelasan," sebutnya.

Dwi menambahkan sebelum terjatuh, T-50i merupakan pesawat baru yang didatangkan pada 2013 lalu. Bahkan, sebelum terbang, pesawat buatan Korea Selatan itu mampu menghibur ribuan pengunjung.

"Pesawat itu buatan Korean Aero Industries (KAI) yang Perkuat skadron udara 15 lanud Iswahjudi tahun 2013. Sebelum musibah, pesawat ini memukau ribuan pengunjung yang menyaksikan acara Gebyar Dirgantara," sebutnya.

Terkait waktu penyelidikan, dia mengatakan pihaknya tak membatasi waktu. Pasalnya, penyelidikan jatuhnya pesawat itu perlu proses investigasi secara detail.

"Ini harus dipegang. Ini yang kita investigasi dulu. Karena kita harus satu persatu 5-M tadi itu. Dalam penyelidikan pesawat itu tak ada batas waktu. Karena ini detail, bisa sebulan atau bisa tahunan," paparnya. (hat)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar