Tinjau Sekolah Penerbangan Banyuwangi, Jonan Jajal Simulator Pesawat Latih

Tinjau Sekolah Penerbangan Banyuwangi, Jonan Jajal Simulator Pesawat Latih

Foto/dtc

Minggu, 28 Desember 2014 | 08:12

detikNews - Banyuwangi, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meninjau sekolah pilot ‎Banyuwangi. Ia menjajal simulator pesawat Cessna yang dimiliki sekolah itu.

Jonan tiba di Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Banyuwangi (LP3B), Jawa Timur sekitar pukul 07.20 WIB, Minggu (28/12/2014). Ia langsung menjajal mesin simulator pesawat latih TB 10 buatan AS. Ruang simulator ini diisi dengan beberapa layar yang seolah-olah menampilkan landasan pacu. Ada juga layar yang memperlihatkan navigasi dan beberapa flight control lainnya.

Jonan ditemani seorang instruktur menjajal alat tersebut. Saat lepas landas, simulator itu pun bergerak seperti arah pesawat. Ia menampilkan sawah dan pepohonan dari ketinggian.

Sekolah ini memiliki 3 alat simulator. Semuanya baru didatangkan tahun 2012 lalu. Usai menjajal alat simulator, Jonan lalu melihat beberapa pesawat latih yang terparkir di hanggar sekolah. Ada 2 pesawat latih TB 10 dan 7 pesawat Cessna yang dimiliki sekolah tersebut. 

Seorang instruktur menjelaskan pada Jonan bahwa pesawat TB 10 yang baru dimiliki sekolah itu memang 10 knot lebih lambat dari pesawat Cessna. Namun, saat baling-baling tidak berfungsi, pesawat itu dapat terbang lebih lama.

"‎Itu sesuai dengan kontur wilayah Banyuwangi yang sebagian daratan, pantai dan laut. Jadi kalau mesin berhenti di tengah laut, dia masih bisa terbang hingga daratan," ucap istruktur itu pada Jonan.

Sekolah itu mengambil istruktur dari STPI Curug, Tangerang, Banten. Bangunan sekolah yang ada saat ini baru ditempati setelah sebelumnya berlokasi di Surabaya. Saat ini, sekolah milik Kementerian Perhubungan ini masih menggunakan Kemenhub untuk beroperasi. Namun, Jonan menyebut tahun 2015 akan dijadikan BLU.

"2015 akan kita jadikan BLU," ucap Jonan.

Usai melihat sekolah penerbangan tersebut, Jonan lalu terbang ke Surabaya dengan pesawat ATR 72-600 melalui bandara Blimbingsari. (bil)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar