Tinjau Persiapan Sail Nias 2019, Ijeck: Event Ini Harus Sukses

Tinjau Persiapan Sail Nias 2019, Ijeck: Event Ini Harus Sukses

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah atau biasa disapa Ijeck, meninjau persiapan Sail Nias 2019 yang berada di Gunung Sitoli

(rel/rzd)

Senin, 20 Mei 2019 | 23:17

Analisadaily (Gunung Sitoli) - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah atau biasa disapa Ijeck, meninjau persiapan Sail Nias 2019 yang berada di Gunung Sitoli. Ijeck berharap event bertaraf internasional yang diselenggarakan September 2019 harus sukses dilaksanakan.

"Event ini harus sukses, karena suksesnya Sail Nias 2019 akan berdampak pada kehidupan masyarakat. Tadi ketika saya naik pesawat hendak kemari, ada turis asing yang datang, tapi tidak banyak, harusnya bisa lebih banyak lagi turis yang datang, kita harus berbenah, sehingga potensi wisata kita bisa bertambah," katanya, Senin (20/5).

Ada dua lokasi yang dikunjungi Wagub di Kota Gunung Sitoli, yakni Museum Pusaka Nias sebagai tempat lokasi acara Seminar Kebudayaan dan Taman Ya'ahowu yang digunakan sebagai tempat berlangsungnya Festival Kuliner dan Kopi.

Ijeck memuji keindahan alam yang dimiliki Kepulauan Nias.

"Ternyata Nias ini indah lautnya. Kunjungan saya ke sini mau melihat persiapan Sail Nias 2019, beberapa waktu lalu saya sudah melakukan rapat dengan bupati terkait, saya merasa penting untuk turun langsung melihat persiapan kegiatan yang akan dilaksakan pada bulan September mendatang," sebut Ijeck.

Wali Kota Gunung Sitoli, Lakhomizaro Zebua mengaku optimis akan sukses dalam melaksanakan event tersebut.

"Sail Nias adalah kegiatan yang telah kami perjuangkan dari dua tahun lalu. Terpilihnya kami menjadi tuan rumah event ini juga berkat dorongan dari Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur, ke depannya kami berharap event besar lainnya bisa dilaksanakan di kepulauan Nias kembali," ucap Lakhomizaro.

Bentuk keseriusan tersebut pun terlihat dari kegiatan kesenian yang setiap minggu diadakan di Gunung Sitoli.

"Setiap minggunya kami mengadakan pagelaran seni dan menambah beberapa destinasi wisata seperti wisata air terjun dan wisata susur goa," ungkapnya.

Lakhomizaro menilai, event tersebut akan membuat Kepulauan Nias terus berkembang. Dicontohkannya, dari sisi penerbangan dari dan ke Nias yang terus bertambah. "Dahulu hanya penerbangan Gunung Sitoli ke Medan, tapi sekarang sudah banyak penerbangan yang melayani Gunungsitoli-Padang bahkan hingga Jakarta," paparnya.

Untuk diketahui, event Sail Nias Tahun 2019 yang mengusung tema 'Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia' puncaknya dilaksanakan 14 September 2019, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly ditunjuk sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar