Tinjau Pengerjaan Saluran Crossing, Eldin: Harus Secepatnya Rampung

Tinjau Pengerjaan Saluran Crossing, Eldin: Harus Secepatnya Rampung

Keberadaan saluran crossing ini sangat vital dalam upaya mengatasi genangan air yang acap kali terjadi di seputaran Lapangan Merdeka Medan setiap hujan deras turun (Ist)

(rel/rzd)

Sabtu, 14 September 2019 | 11:29

Analisadaily (Medan) - Pengerjaan saluran crossing yang menghubungkan Jalan Balai Kota dengan Jalan Raden Saleh mendapat perhatian serius Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin. Keberadaan saluran crossing ini sangat vital dalam upaya mengatasi genangan air yang acap kali terjadi di seputaran Lapangan Merdeka Medan setiap hujan deras turun.

Kondisi ini terjadi karena drainase yang ada di kawasan Titik 0 Kota Medan tidak terkoneksi dengan drainase yang ada di Jalan Raden Saleh, sehingga debit air hujan selalu menggenangi seputaran Lapangan Merdeka karena tidak dapat dialirkan menuju Sungai Deli yang berada persis di samping Kantor Wali Kota Medan.

Sebagai solusi mengatasinya harus dibuat crossing dengan membelah Jalan Balai Kota, sehingga terkoneksi dengan drainase di Jalan Raden Saleh.

Didampingi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Isa Anshari , Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni, Kepala Bappeda Irwan Ritonga, Kadis Perhubungan Iswar Lubis serta Kabag Humas Arrahman Pane , Eldin melihat sejumlah pekerja Dinas PU tengah melakukan pengorekan saluran crossing. Selain dilakukan secara manual , pengorekan juga didukung beberapa alat berat.

Pengerjaan crossing telah dilakukan sejak Minggu (8/9). Jalan Balai Kota sudah dibelah dan dimasukkan box culvert sehingga telah menghubungkan drainase ada di seputaran Lapangan Merdeka dengan Jalan Raden Saleh. Namun pengerjaan yang diilakukan belum rampung. Atas dasar itulah Eldin minta agar pengerjaan saluran crossing secepatnya dituntaskan.

"Saya minta pengerjaan saluran crossing dilakukan siang dan malam supaya cepat selesai. Selain mengatasi genangan air yang ada di seputaran Lapangan Merdeka, saya juga tidak ingin ketenangan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan terganggu karena pengerjaan saluran drainase lama. Dengan kerja keras dan kebersamaan, Insya Allah pengerjaan saluran crossing ini secepatnya rampung," kata Eldin, Sabtu (14/9).

Dalam peninjauan yang dilakukan, Eldin tampak berulangkali memberi instruksi kepada Kadis PU sehingga pengerjaan yang dilakukan lebih maksimal. Di samping itu Wali Kota juga minta agar material tanah hasil pengorekan segera diangkut dan dibiarkan menumpuk di seputaran lokasi pengorekan.

"Saya minta seluruh material tanah hasil pengorekan segera diangkut. Jika dibiarkan menumpuk akan menyebabkan jalan menyempit sehingga mengganggu kelancaran arus lalu-lintas, sebab kawasan ini sangat padat dilalui kenderaan bermotor," tegasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar