Tingkatkan Profesionalisme, AJI Gelar Uji Kompetensi Jurnalis

Tingkatkan Profesionalisme, AJI  Gelar Uji Kompetensi Jurnalis

Peserta dan penguji foto bersama setelah Uji Kompetensi Jurnalis selesai di Medan, Rabu (29/8)

Rabu, 29 Agustus 2018 | 16:33

Analisadaily (Medan) - Sebanyak 10 anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dari wilayah Sumatera Utara dan Aceh mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) yang diselenggarakan AJI Indonesia di Gedung Pasca Sarjana Universitas Medan Area, Jalan Setia Budi, 25-26 Agustus 2018.

Pelaksanaan UKJ angkatan ke-51 ini menghadirkan tiga orang penguji utama, yaitu Maskur Abdullah (BBC), Budiman Budisantoso (Antara) dan Bayu Wardhana (Independen.id).

Dalam kegiatan itu hadir sebagai penguji magang, Ketua AJI Medan, Agoez Perdana dan, Rika Yoesz dari Wings Radio. Selama UKJ berlangsung AJI Medan dibantu jurnalis mahasiswa SUARA USU sebagai tim administrator.

Ketua AJI Medan, Agoez Perdana mengatakan, dari 10 jurnalis yang mengikuti UKJ, 5 orang mengikuti jenjang Muda, 4 orang Madya, dan 1 orang Utama.

Melalui pelaksanaan UKJ, sebut Agoez, mutu dan kompetensi jurnalis di Indonesia diharapkan dapat meningkat lebih baik.

“Selanjutnya, AJI sebagai salah satu lembaga penguji jurnalis di Indonesia merekomendasikan kepada Dewan Pers untuk menerbitkan sertifikat kompetensi untuk 10 jurnalis tersebut," kata Agoez, Minggu (26/8).

Selain menguji mutu dan kompetensi para jurnalis, lanjutnya, UKJ juga dijadikan sebagai wadah diskusi mengenai profesionalisme jurnalis dan penegakan etika jurnalistik di Indonesia, khususnya di Wilayah Sumatera Utara.

Masih kata Agoez, penyelenggaraan UKJ tetap mengikuti standar Dewan Pers yang disesuaikan dengan visi dan misi serta nilai-nilai yang diperjuangkan AJI sebagai organisasi profesi jurnalis.

“Kami percaya, peserta, secara pribadi, akan memperoleh manfaat besar dari uji kompetensi ini dan sebesar-besarnya demi kepentingan publik untuk memperoleh informasi informasi yang tepat," jelas Agoez.

Selama mengikuti UKJ, peserta diuji sejumlah materi, di antaranya profesionalisme, etika, komunikasi massa, perkembangan pers nasional dan media global serta hukum media massa.

Peserta diuji soal prinsip jurnalistik, unsur berita, nilai-nilai dan jenis berita, bahasa jurnalistik serta pembedaan fakta dan opini.

"Saya sangat menghargai semangat dan kemampuan jurnalistik para peserta UKJ. Karena, selain terampil, mereka juga memiliki pemahaman etika jurnalistik yang baik,” kata Budiman Budisantoso, mengapresiasi perserta UKJ.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar