Tingkatkan Pariwisata, Perbaikan Infrastruktur Jalan Jadi Fokus Utama

Tingkatkan Pariwisata, Perbaikan Infrastruktur Jalan Jadi Fokus Utama

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah

(rel/rzd)

Selasa, 13 Agustus 2019 | 16:48

Analisadaily (Langkat) - Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara (Sumut), Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah atau biasa disapa Ijeck, menyambangi jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Langkat.

Kunjungan Ijeck tersebut melalui jalur Berastagi-Desa Kutarakyat-Desa Pamah Semelir-Desa Telagah-Desa Rumah Galuh-Desa Namo Ukur-Binjai.

Ijeck melakukan survei mengenai infrastruktur jalan dan melihat lokasi yang potensial sebagai magnet wisata di Kabupaten Karo dan Kabupaten Langkat. Hal ini merupakan upaya sinkronisasi antara destinasi wisata di Karo dan Langkat.

Dalam perjalanan, Ijeck memuji kesegaran alam di sepanjang jalan dari Karo menuju Langkat, namun yang masih menjadi kendala adalah infrastruktur jalan. Masih ada beberapa ruas jalan yang rusak.

Karena itu, perbaikan jalan menjadi salah satu fokus utamanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

“Ini jadi satu perhatian kita terutama infrastruktur jalan yang sudah kita lewati, untuk daerah Kabupaten Karo masih ada kurang lebih 2 Km lagi badan jalan yang harus diperbaiki. Kita sudah masukkan ini ke anggaran tahun 2020 untuk perbaiki jalan ini,” kata Ijeck, Selasa (13/8).

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut, Effendy Pohan, membenarkan masih adanya jalan yang rusak. Khususnya di jalur altrnatif sepanjang 2 Km, yang berada di perbatasan antara Desa Kutarakyat, Kabupaten Karo-Desa Pamah Semelir, Kabupaten Langkat.

“Kalau dari batas Kabupaten Karo sampai ke Namoukur itu panjang jalan sekitar 30 Km sudah relatif baik. Jadi jalan yang masih rusak itu adalah dari Kutarakyat ke perbatasan Kabupaten Langkat, itu kira-kira ada 9 Km, dan yang rusak itu adalah 2 Km. Yang lain bisa saya katakan hampir 85%-90% mantap.”

“Untuk perbaikan di tahun 2019 ini kita hanya pemeliharaan rutin untuk yang berada di Kabupaten Karo. Yang menjadi konsen kita adalah perbaikan jalan dari Kabupaten Langkat menuju Kutarakyat Kabupaten Karo,” sebutnya.

Ditambakan Effendy, perbaikan ruas jalan itu sudah dimasukkan ke anggaran tahun 2020. “Itu akan kita anggarkan di tahun 2020,” jelas Effendy.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar