Tingkatkan Kesadaran Publik Terhadap Stunting Melalui Gerakan #F4ST

Tingkatkan Kesadaran Publik Terhadap Stunting Melalui Gerakan #F4ST

Grab dan TP-PKK Sumut hadirkan gerakan Fight Against Stunting #F4ST di Medan

(rzp/eal)

Minggu, 28 April 2019 | 08:45

Analisadaily (Medan) - Angka stunting di Sumatera Utara (Sumut) berada di atas rata-rata angka nasional. Angka prevalensi stunting di Sumut hingga kini masih cukup tinggi mencapai 23,4%.

Berangkat dari kondisi tersebut, Sabtu (27/4) kemarin, Grab Indonesia dan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumut menghadirkan gerakan Fight Against Stunting #F4ST di Medan.

"Gerakan dibuat untuk meningkatkan kesadaran publik, dan kepedulian terhadap masalah stunting," kata Vice President Public Affair and Folice Grab Indonesia, Pandu Budiarso, Minggu (28/4).

Grab merasa peduli terhadap masalah stunting dan harus hadir di Sumut. Saat ini Grab telah menjadi perusahaan startup pertama di Asia dengan nilai valuasi sudah mencapai USD10 miliar atau sekitar Rp 110 triliun. Sekarang sudah hampir Rp 200 triliun atau USD14 miliar.

"Kolaborasi bersama PKK ini dalam rangka memperingati Hari Kartini 2019," sebutnya.

Dikatakan Pandu, pihaknya akan menyosialisasikan dampak stunting. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan memberi edukasi tentang pencegahan stunting. Sebab, gerakan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam mencegah stunting dengan cara baru.

Cara baru tersebut tergolong kreatif, yaitu melalui video yang akan ditampilkan dalam fitur tambahan dari aplikasi ambil, yaitu ambil setiap hari. Sehingga anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

"Disertai dengan emosi, sosial dan kemampuan tisik yang siap belajar, serta mampu berinovasi dan bersaing di tingkat global," ucapnya.

Fight Against Stunting #F4ST adalah 4 gerakan yang dapat meningkatkan kesadaran publik dan kepedulian terhadap masalah stunting, yaitu Kenali, tujuannya agar publik mengetahui apa itu stunting. Memahami, agar masyarakat mengetahui apa pengaruhnya dan penyebab stunting.

Cegah, mulai menjalani hidup yang sehat, lakukan hal-hal positif yang akan menjauhkan ibu dan bayi dari bahaya stunting. Dan obati, tingkatkan asupan gizi, energi, protein, dan stimulasi, sementara juga menerapkan hidup sehat pada anak-anak.

Momen Penting

Wakil Sekretaris PKK Sumut, Reza Fahlevi mewakili Ketua PKK Sumut, Nawal Lubis, mengungkapkan, kerja sama ini momen penting untuk menurunkan angka stunting di Sumut. Pihaknya memberikan apresiasi khusus untuk Grab Indonesia yang telah berkontribusi mengatasi masalah stunting.

"Dengan digitalisasi, diharapkan penyebaran informasi stunting dapat mempengaruhi kualitas dan produktivitas generasi muda di Sumut," tandas Reza.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar