Tindakan Tegas Polisi Diperlukan Membuat Jera Pelaku Kejahatan

Tindakan Tegas Polisi Diperlukan Membuat Jera Pelaku Kejahatan

Pengamat sosial, Arifin Saleh Siregar.

(jw/rzd)

Rabu, 16 Agustus 2017 | 21:17

Analisadaily (Medan) - Dalam satu bulan terakhir, pihak kepolisian berhasil mengamankan ratusan pelaku tindak kejahatan di Kota Medan dan sekitarnya. Hal ini mendapat tanggapan dari pengamat sosial, Arifin Saleh Siregar.

Sejak Juli hingga Agustus 2017, kepolisian berhasil mengamankan sebanyak 451 pelaku kejahatan di Kota Medan, mulai pelaku perdagangan dan penyalahgunaan narkoba, curanmor, curas, dan curat.

Sementara untuk kasus narkoba, kepolisian berhasil mengamankan sebanyak 270 orang tersangka dengan 176 kasus, dan barang bukti narkoba sebanyak 78,4 kg ganja, 5,2 kg sabu-sabu, dan 486 butir pil ekstasi.

“Keberhasilan polisi itu tentu sangat saya apresiasi, dan itu memang tugas dari kepolisian untuk memberantas kejahatan,” katanya kepada Analisadaily.com, Rabu (16/8).

Menurut Arifin, kekerasan di sekitar kita masih sering terjadi, seperti narkoba dan begal. Namun, kejahatan yang utama itu adalah narkoba. “Kalau sudah ketergantungan sama narkoba, itu semua pasti dilakukannya, sehingga kejahatan itu selalu muncul,” jelasnya.

Arifin menegaskan, peran penting petugas dalam menyikapi dan memberantas adalah dengan memberikan tindakan tegas terhadap pelaku kejahatan, agar benar-benar memberikan efek jera.

“Polisi harus berani bertindak tindak tegas, biar para pelaku kejahatan itu benar-benar jera atas perbuatannya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, para pelaku yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) juga harus benar-benar dibina oleh petugas Lapas untuk mengubah perilaku mereka.

“Karena banyak saya lihat, pelaku kejahatan rata-rata seorang residivis, dan jelas saat dirinya berada di Lapas tidak dibina dengan sungguh-sungguh, sehingga mau kembali melakukan aksinya,” tuturnya.

Arifin juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu ikut peran dalam memberantas kejahatan, terutama kejahatan narkoba. Karena narkoba tidak memandang siapa saja, baik anak-anak sampai orang tua juga menjadi korban.

“Oleh karena itu, kita harus benar-benar ikut berperan dalam mencegah, bahkan memberantasnya,” ucapnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar