Timsel Gelar Ujian Tertulis Panwas Pilkada 2018

Timsel Gelar Ujian Tertulis Panwas Pilkada 2018

Ketua Timsel Wilayah I, Eddiyanto (duduk depan), mengawasi ujian tertulis calon Panwas Wilayah I di Medan, Minggu (16/7)

(aa/eal)

Minggu, 16 Juli 2017 | 17:02

Analisadaily (Medan) - Tim seleksi (Timsel) calon Panitia Pengawas (Panwas) kabupaten/kota Se-Sumatera Utara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, menggelar ujian tertulis, Minggu (16/7).

Ujian tersebut berlangsung serentak dan terbagi dalam tiga wilayah, yakni wilayah I di Kampus Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Medan, wilayah II di SMA Negeri 1 Rantau Prapat, sedangkan wilayah III digelar di SMA Negeri 3 Sibolga.

Ketua Timsel Wilayah I, Eddiyanto mengatakan, ujian wilayah I diikuti 11 kabupaten/kota se-Sumut, yakni Medan, Binjai, Langkat, Karo, Pakpak Bharat, Dairi, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Pematangsiantar dan Simalungun.

"Ada 356 orang lulus seleksi administrasi dari wilayah satu, namun hanya 334 orang yang hadir mengikuti ujian tertulis ini, sementara 22 orang tidak hadir. Peserta terbanyak yang tidak ikut ujian tertulis berasal dari Medan sebanyak 14 orang," kata Ediyanto.

Lebih lanjut ia menjelaskan, soal ujian tertulis dibawa langsung dari Bawaslu Pusat dan masih dalam keadaan tersegel, dengan rincian 100 soal pilihan ganda dan 5 esai.

Hasil ujian tertulis akan diumumkan melalui website bawaslu-sumutprov.go.id dan lewat akun Facebook Bawaslu Provinsi Sumatera Utara.

Ujian tertulis calon anggota Panwas Kabupaten/Kota Pilkada 2018 wilayah I di Kampus UISU Medan, Minggu (16/7)

Ujian tertulis calon anggota Panwas Kabupaten/Kota Pilkada 2018 wilayah I di Kampus UISU Medan, Minggu (16/7)

"Nantinya ada 12 peserta terbaik yang lulus ujian tertulis dari masing-masing kabupaten/kota yang berikutnya mereka akan mengikuti tes wawancara pada 20-23 Juli. Untuk lokasinya belum ditentukan," sambungnya.

"Selanjutnya dari tes wawancara nanti kami akan memilih 6 nama dari masing-masing kabupaten/kota untuk diajukan ke Bawaslu Sumut. Kemudian merekalah (Bawaslu Sumut) yang akan melakukan fit and proper test untuk menetapkan tiga anggota Panwas dari untuk tiap-tiap kabupaten/kota," pungkasnya.

Sementara itu, untuk wilayah dua meliputi Asahan, Batubara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Padang Sidimpuan dan Tanjung Balai.

Untuk wilayah tiga meliputi Humbang Hasundutan, Nias, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan, Samosir, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Gunung Sitoli dan Sibolga.

(aa/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar