Tim Penilai Satyalancana Pembangunan Lakukan Verifikasi Langsung ke Sergai

Tim Penilai Satyalancana Pembangunan Lakukan Verifikasi Langsung ke Sergai

Tim penilai penghargaan Satyalancana Pembangunan (SP) melakukan penilaian di Kabupaten Serdang Bedagai

(rel/eal)

Selasa, 30 April 2019 | 20:35

Analisadaily (Serdang Bedagai) - Tim penilai penghargaan Satyalancana Pembangunan (SP) bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang diketuai oleh Kabag Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer (Sesmil) Republik Indonesia, Aida Kusuma, melakukan verifikasi lapangan untuk menilai pelaksanaan Program KKBPK di Kabupaten Serdang Bedagai.

Rombongan yang juga terdiri dari Direktur Bina Hubungan Antar Lembaga dan Lini Lapangan BKKBN, Ary Goedadi dan Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara, Temazaro Zega, disambut hangat oleh Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, Sekda Hadi Winarno, Kepala Dinas OPD, Camat, Lurah serta jajaran Pemkab Sergai di Aula Kantor Bupati Sergai, Selasa (30/4).

Satyalancana Pembangunan Bidang KKBPK merupakan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia yang diberikan kepada kepala daerah yang sukses mendorong pembangunan bidang kependudukan dan Keluarga Berencana nasional dan merupakan penghargaan tertinggi di bidang KKBPK.

Dalam eksposnya Bupati Sergei, Soekirman mengungkapkan bahwa Pemkab Sergei sangat fokus dan menjadikan Program KKBPK sebagai salah-satu program yang wajib diberikan perhatian penuh dan komitmen yang kuat dari seluruh pihak.

"Sesuai dengan UU No. 23 tahun 2014 serta Perpres No. 18 Tahun 2016 menyebutkan bahwa Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana merupakan urusan wajib yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, kalau kita tidak menjalankan perintah UU dan Perpres ini berarti kita tidak patuh terhadap peraturan," kata Soekirman.

Bupati Sergai berdialog dengan

Bupati Sergai berdialog dengan Kabag Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer (Sesmil) Republik Indonesia, Aida Kusuma dan Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara, Temazaro Zega

"Program KB bukan merupakan Program yang baru, Program KB ini pernah meraih kejayaan pada masa lalu. Oleh karenanya menurut saya hal utama yang harus dilakukan untuk mensukseskan Program KB ini adalah dengan merevitalilsasi, reinforcement, komitmen yang kuat dari pimpinan daerah menjadikan Program KB sebagai salah-satu prioritas utama dalam pembangunan," lanjutnya.

"Kegagalan dalam pengendalian jumlah penduduk dan peningkatan kualitas usmber daya manusia akan menjadi bom waktu yang akan memberikan dampak negatif terhadap berbagai sektor pembangunan lainnya sehingga dapat menjadi beban berat yang harus ditanggung oleh pemerintah daerah. Dalam mensukseskan pelaksanaan Program KKBPK di Kab. Sergai, kita telah menerbitkan Peraturan Bupati yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan Program disemua tingkatan wilayah. Hasilnya Pemkab Sergai telah meraih beberapa prestasi yang membanggakan baik di tingkat nasional maupun provinsi," tandas Soekirman yang telah menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana pada pelaksanaan Harganas di Lampung Tahun 2017 yang lalu.

Dalam kesempatan sebelumnya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega, mengungkapkan bahwa Kabupaten Serdang Bedagai merupakan Kabupaten "Papan Atas" dalam pelaksanaan Program KKBPK yang memberikan sumbangsih yang besar dalam capaian Program KKBPK di Sumatera Utara.

"Berdasarkan evaluasi yang kita lakukan, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut menilai bahwa Bupati Sergai telah memenuhi persyaratan untuk diusulkan mendapatkan Penghargaan Satyalancana Pembangunan Bidang KKBPK ini, hal ini tentu tidak lepas dari dukungan dan komitmen yang luar biasa dari Bapak Bupati beserta jajaran untuk menjadikan Program KKBPK sebagai salah-satu program yang menjadi perhatian setiap tahunnya," ungkap Temazaro.

Tim penilai penghargaan Satyalancana Pembangunan (SP) melakukan penilaian di Kabupaten Serdang Bedagai

Tim penilai penghargaan Satyalancana Pembangunan (SP) melakukan penilaian di Kabupaten Serdang Bedagai

Sementara itu Ketua Tim Penilai, Aida Kusuma, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat Bupati serta jajaran Pemkab Sergai serta masyarakat.

"Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan verifikasi terhadap keabsahan berkas serta melihat, memotret secara langsung bagaimana pelaksanaan Program KKBPK di Kab. Serdang Bedagai. Hasil dari penilaian ini nantinya akan kami laporkan kepada Dewan Penilai, dan nantinya akan disampaikan kepada Bapak Presiden," ujarnya.

Selanjutnya Tim Penilai melakukan kunjungan ke Puskesmas, untuk melihat bagaimana pemenuhan kebutuhan ber-kb masyarakat, stok alat dan obat kontrasepsi, kualitas pelayanan kb dan lainnya. Tim kemudian melanjutkan perjalanan untuk memotret hasil pelaksanaan Kampung KB, rumah data serta mengunjungi Kelompok Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia serta Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dengan didampingi langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Marliah Soekirman.

(rel/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar