Tiket KA Medan-Tanjungbalai Untuk Arus Mudik Lebaran Terjual Habis

Tiket KA Medan-Tanjungbalai Untuk Arus Mudik Lebaran Terjual Habis

Kereta api.

(rel/rzd)

Jumat, 25 Mei 2018 | 11:55

Analisadaily (Medan) - Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara menyebut, tiket kereta api jurusan Medan-Tanjung Balai untuk arus mudik Lebaran 2018 sudah terjual habis atau full booking. Keseluruhan tiket yang terjual habis untuk kelas ekonomi.

"Yaitu tanggal keberangkatan 13 Juni hingga 16 Juni 2018 sudah habis terjual, jurusan Medan-Tanjungbalai," kata ‎General Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut, Sapto Hartoyo, Jumat (25/5).

Diungkapkan Sapto, untuk jurusan sebaliknya, Tanjungbalai-Medan juga mengalami full booking dengan kelas kereta api yang sama, yaitu kelas ekonomi‎ untuk tanggal keberangkatan 17 Juni hingga 20 Juni 2018.

"Untuk kereta api jurusan yang sama, kelas bisnis dan eksekutif, masih tersedia saat arus mudik dan arus balik," ungkapnya.

Sapto menyebut, untuk jurusan kereta api yang lain seperti jurusan Medan-Pematang Siantar, Medan-Kisaran, dan Medan-Rantau Prapat, tiket masih tersedia saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

"Perkiraan kita kenaikan jumlah pemudik dari tahun 2017 ke 2018 ini ada kenaikan 2 persen. Tahun 2017 jumlah pemudik menggunakan kereta api 282.330 orang, di tahun 2018 sekitar 286.621 tiket yang disiapkan," sebutnya.

Mengenai kebiasaan warga di Sumatera Utara, terutama Medan, yang hendak mudik melakukan pemesan tiket menjelang keberangkatan. Sapto mengimbau kepada calon penumpang menghilangkan kebiasaan tersebut untuk mencegah tiket habis.

"Jika mau beli tiket, bisa dari online ataupun aplikasi KAI Access, dan pihak eksternal lainnya. Enggak perlu susah-susah ke stasiun," ucapnya.

Untuk penambahan rangkaian gerbong, KAI Divre I Sumut akan melakukannya dengan melihat loncakan penumpang saat musim mudik berlangsung terlebih dahulu.

"Sudah ada dilakukan persiapan dan antisipasi untuk hal itu," ujarnya.

Saat arus mudik dan arus balik, seperti biasanya, akan didirikan posko pengamanan, baik di Stasiun Besar Medan dan sejumlah stasiun lainnya yang ada di wilayah kerja KAI Divre I Sumut.

"Tahun ini Masa Angkutan Lebaran ditetapkan sejak 5 hingga 26 Juni 2018," tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar