Tiga Terdakwa Pemilik Sabu, Dihukum Seumur Hidup

Tiga Terdakwa Pemilik Sabu, Dihukum Seumur Hidup

Sidang Putusan terhadap ketiga terdakwa kasus kepemilikan sabu seberat 9,94 kilogram asal Malaysia di PN Medan, Selasa (30/1)

(jw/csp)

Selasa, 30 Januari 2018 | 18:22

Analisadaily (Medan) - Ketua Majelis Hakim, Saryana, menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap tiga terdakwa pemilikan sabu seberat 9.94 kilogram di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (30/1).

Saryana juga menetapkan ketiga terdakwa, Mursalin, Sulfan, dan Zulkifli alias Dun dengan denda Rp 1 miliar subsidair 4 bulan kurungan.

"Ketiganya terbukti bersalah melanggar Pasal 114 ayat (2) jo. Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika," ucapnya.

Usai mendengar putusan dari Majelis Hakim, ketiga terdakwa menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut. Hal senada juga dikatakan, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rendy. "Pikir-pikir Majelis Hakim," ucap Rendy dihadapan Saryana.

JPU sebelumnya juga menuntut ketiga terdakwa dengan kurungan penjara seumur hidup tapi tidak disertai denda.

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut)  berhasil mengamankan narkotika jenis sabu seberat 9.94 kilogram asal Malaysia dari empat tersangka, yakni Mursalin, Abdul Jalil (tewas), Sulfan, dan Zulkifli alias Dun.

Narkotika jenis Sabu ini tiba di Indonesia berawal dari salah seorang pemesan di Medan dan memerintahkan anak buahnya di Malaysia untuk mengambil barang haram tersebut. Lalu, diantar ke Indonesia melalui jalur laut di Belawan.

Penangkapan terhadap keempat tersangka dilakukan Ditresnarkoba Polda Sumut pada Sabtu 6 Mei 2017 lalu di lokasi yang berbeda. Polisi berhasil mengamankan berupa 1 buah koper berwarna hitam, yang di dalamnya terdapat sabu. Polisi juga mengamankan 2 unit mobil.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar