Tiga Kecamatan Tersulit di Langkat Untuk Distribusi Logistik Pilkada

Tiga Kecamatan Tersulit di Langkat Untuk Distribusi Logistik Pilkada

Ketua KPU Langkat, Agus Arifin (tengah)

(aa/eal)

Kamis, 7 Juni 2018 | 22:14

Analisadaily (Langkat) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Langkat sudah memetakan tiga kecamatan yang paling sulit dijangkau untuk pendistribusian surat suara Pilkada 2018. Ketiga kecamatan itu adalah Kecamatan Pangkalan Susu, Tanjung Pura dan Gebang.

"Ya, tiga kecamatan tersebut yang sulit terjangkau karena lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus menyeberang laut. Untuk menuju lokasi harus naik kapal atau sejenisnya," kata Ketua KPU Langkat, Agus Arifin, di Kantor KPU Langkat, Kamis (7/6).

"Untuk antisipasinya petugas kami mendahulukan pendistribusian ketiga kecamatan itu dibanding kecamatan lain," sambung Agus yang didampingi Komisioner KPU Langkat, Adlina Sarah.

Dia menyebut, logistik surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 sudah sampai dan diterima pihaknya pada 4 Juni lalu dan langsung diarahkan ke gudang penyimpanan di Gedung Serba Guna Manunggal Langkat Berseri.

"Nah, mulai 6-8 Juni kita lakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara," ucapnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, jumlah surat suara untuk Kabupaten Langkat sebanyak 693.887 lembar sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Langkat.

"Ditambah surat suara cadangan 2,5% sehingga kebutuhan kita disini sebanyak 712.148 lembar ditambah 2000 lembar untuk pemilihan suara ulang," terangnya.

Dalam kesempatan itu turut hadir Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain, beserta staf, untuk meninjau gudang penyimpanan surat suara. Dimana kondisinya sudah disegel dan dikunci yang dipegang pihak KPU, Panwaslih dan kepolisian.

"Yang rusak ada, cuma kita belum rekap berapa jumlahnya. Di samping surat suara Pilgubsu juga sedang dalam perjalanan surat suara untuk Pilkada Langkat," imbuh Adlina Sarah.

Sementara itu Iskandar Zulkarnain mengharapkan tidak ada kendala dalam hal pendistribusian surat suara Pilgubsu 2018 ke seluruh TPS di Kabupaten Langkat.

"InsyaAllah dalam minggu ini surat suara Pilgubsu sudah tiba di semua kabupaten/kota di Sumut. Dan lebih lanjut kita akan melihat sekaligus distribusi kotak suara ke TPS di Kabupaten Langkat ini," katanya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar