Terkendala Infrastruktur, RSUD Batubara Sulit Jadi BLUD

Terkendala Infrastruktur, RSUD Batubara Sulit Jadi BLUD

RDP antara Pemkab Batubara dengan Komisi E DPRD Sumut, Selasa (14/11)

(aa/eal)

Selasa, 14 November 2017 | 20:49

Analisadaily (Medan) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batubara sulit menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) karena masih terkendala infrastruktur dan sarana-prasarana kesehatan.

Demikian disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara, Sakti Alam Siregar, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi E DPRD Sumut di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (14/11).

"Kita berkeinginan menjadikan RSUD Batubara sebagai BLUD. Namun masih terkendala infrastruktur dan sarana-prasarana, termasuk SDM tenaga medis," kata Sakti.

Untuk saat ini, diakuinya, RSUD Batubara masih tipe C dan pihaknya sedang membenahi diri untuk meningkatkan akreditasi rumah sakit menjadi tipe B.

"Kita berupaya meningkatkan pelayanan untuk akreditasi. Tapi berdasarkan PP 18 tentang Perangkat Daerah, rumah sakit kita harus diturunkan menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan," tambahnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Batubara, Deni Saputra menambahkan, selain kendala infrastruktur, sarana-prasarana dan SDM, minimnya kunjungan pasien ke RSUD tersebut juga menjadi kendala terbentuknya BLUD.

"Kita sangat sulit BLUD karena kunjungan pasien minim," sambungnya.

Menurutnya, saat ini Dinkes Batubara masih fokus pada akreditasi puskesmas dan rumah sakit. Sebab masih banyak puskesmas dan rumah sakit di Batubara yang belum terakreditasi.

(aa/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar