Tengku Erry Tinjau Korban Banjir di Sumut

Tengku Erry Tinjau Korban Banjir di Sumut

Gubsu Erry Nuradi saat meninjau korban banjir, Jumat (10/11).

(ns/rzp)

Jumat, 10 November 2017 | 17:56

Analisadaily (Langkat) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi terjun langsung meninjau sejumlah lokasi banjir yang merendam pemukiman masyarakat di Kabupaten Langkat, Asahan dan Tanjungbalai, Jumat (10/11).

Tengku Erry didampingi Sekda Langkat, Indra Salahuddin, mengarungi banjir menggunakan perahu karet di Lingkungan III Payakiri, Kelurahan Pelawi Utara, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat. Sementara di Asahan, Tengku Erry didampingi Wakil Bupati Surya. Begitu juga di Tanjungbalai didampingi wali kotanya.

Saat tiba di lokasi banjir Langkat, Tengku Erry juga meninjau posko dan berdialog bersama para korban banjir di bawah tenda darurat. Masyarakat sangat terharu, sebab Gubsu langsung turun ke lokasi banjir.

“Terima kasih Pak Gubernur mau melihat kondisi kami,” kata Marni, warga setempat. Hal serupa juga juga terlihat di Asahan dan Tanjungbalai, para korban banjir sangat terharu.

Gubsu pada kesempatan itu mengaku prihatin melihat kondisi warga yang sudah beberapa hari menderita akibat dilanda banjir. “Kami turut berempati dengan penderitaan yang dialami masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, jika ada bencana seperti ini, langkah awal pemerintah segera menurunkan tim SAR, sebab upaya penyelamatan nyawa manusia dahulu yang perlu diutamakan. Setelah itu, baru masuk masa tanggap darurat.

“Kami dari pemerintah memberikan bantuan dapur umum, pos kesehatan, dan bantuan darurat lainnya,” kata Erry seraya mendoakan, semoga musibah banjir tersebut segera berakhir.

Sementara dalam penanganan pasca banjir, lanjutnya, maka harus didata apakah ada infrastruktur, seperti jalan dan sekolah yang rusak. “Jika ada infrastruktur yang rusak, maka harus diusulkan untuk dibangun kembali,” sebut Erry.

Dalam peninjauan banjir di Langkat, Asahan dan Tanjungbalai tersebut, Tengku Erry menyerahkan sejumlah bantuan, berdialog dengan korban banjir yang masih menempati tenda darurat.

“Pemerintah provinsi terutama BPBD provinsi maupun kabupaten/kota harus senantiasa siaga dan diharapkan para kepala daerah se-Sumut cepat tanggap akan musibah seperti banjir ini maupun bencana alam lainnya,” tandasnya.

(ns/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar