Temui Pebisnis, Presiden Jokowi Bertolak ke Jepang dan Tiongkok

Temui Pebisnis, Presiden Jokowi Bertolak ke Jepang dan Tiongkok

(dtc)

Minggu, 22 Maret 2015 | 12:56

detikNews - Jakarta, Presiden Jokowi bertolak menuju Jepang dan Tiongkok. Kunjungan kenegaraan ini sebagai tindak lanjut pertemuan Jokowi dengan PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden Tiongkok Xin Jinping. Agenda bisnis menunggu di dua negeri itu.

Pesawat Kepresidenan take off pukul 12.45 WIB, Minggu (22/3/2015) dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Mengenakan setelan jas hitam, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana yang berkebaya oranye.

‎"Kunjungan ini dimaksudkan menindaklanjuti pembicaraan lalu pada November dengan PM Shinzo Abe dan Presiden Xin Jinping. Kunjungan ini terkait erat pembangunan negara kita‎," ujar Jokowi dalam jumpa pers sebelum keberangkatan.

Dalam kesempatan yang sama, sebelum digelar jumpa pers, Kepala Protokoler Negara Ahmad Rusdi mengatakan kunjungan kenegaraan ini adalah kunjungan Presiden Jokowi pertama ke kedua negara.

‎"Rencananya di Jepang diterima oleh Kaisar. Sorenya pertemuan bilateral dengan PM Jepang. Di Jepang, Presiden juga bertemu dengan pebisnis, kalangan bisnis. Pada 25 Maret sore, Presiden bertolak dari Jepang ke Tiongkok," tuturnya.

Presiden akan bertemu dengan Presiden Tiongkok,lalu bertemu kalangan bisnis. Presiden juga akan menghadiri World Economic Forum tingkat Asia.

"Forum ini rencananya dihadiri 14 kepala negara se-Asia. Tanggal 28 Presiden bertolak dari Tiongkok pulang tapi singgah di Malaysia.," tuturnya.

Sejumlah menteri yang ikut mendampingi Presiden di antaranya‎ Seskab Andi Widjajanto, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kepala BKPM Franky Sibarani.

Sementara itu Wapres Jusuf Kalla ikut mengantar bersama sejumlah menteri di antaranya Menko Polhukam Tedjo Edhy, Menkum HAM Yasonna Laoly, Mensesneg Pratikno, Wakapolri Komjen Badrodin Haiti dan Kepala BIN Marciano Norman. (mpr)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar