Tarekat Naqsabandiyah Laksanakan Shalat Id Besok

Tarekat Naqsabandiyah Laksanakan Shalat Id Besok

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah melaksanakan shalat tarawih (Ist)

(jw/eal)

Senin, 3 Juni 2019 | 15:25

Analisadaily (Simalungun) - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Selasa (4/6). Artinya hari ini merupakan puasa Ramadan terakhir yang mereka jalani.

"Besok kami merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah," kata Ketua Majelis Fatwa Naqsabandiyah, Syekh Anwar Sajali, Senin (3/6).

Menurut Syekh Anwar, penetapan tersebut dilakukan berdasarkan hisab tarekat yang berpusat di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Dengan demikian malam ini Jemaah Tarekat Naqsabandiyah akan menggelar takbiran. Kemudian pada Selasa (4/6) besok kami akan melangsungkan Shalat Id di Pondok Pesantren Yayasan Dr. Syekh Salman Daim, Bandar Tinggi, Simalungun," ungkapnya.

Syekh Anwar menjelaskan bahwa penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah sudah disosialisasikan kepada jamaah Tareqat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah yang ada di seluruh Indonesia. Namun jamaah di beberapa daerah seperti di Sumatera Barat, Riau dan Jawa telah melangsungkan Shalat Id pada hari ini.

"Perbedaan penetapan 1 Syawal antar daerah tersebut merupakan hal biasa dalam tarekat ini. Nyaris setiap tahun, selalu ada perbedaan penetapan Idul Fitri karena perbedaan melihat bulan. Ini terjadi karena ada perbedaan hisab," jelasnya.

Sebelumnya, tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah juga lebih dulu melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Berdasarkan hitungan mereka, 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Sabtu (4/5).

Penghitungan awal Ramadan tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah tetap mengacu pada Alquran dan Hadist.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar