Tapanuli Utara Diguncang Gempa Bumi Tektonik 3,3 SR

Tapanuli Utara Diguncang Gempa Bumi Tektonik 3,3 SR

BMKG

(jw/rzd)

Sabtu, 30 Juni 2018 | 09:32

Analisadaily (Medan) - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 3,3 SR mengguncang wilayah Tapanuli Utara (Taput) pada Sabtu (30/6) sekitar pukul 03.03 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi terjadi dengan koordinat episenter 1,94 LU dan 99,02 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah Barat Daya Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Sebelumnya telah terjadi juga gempa bumi pada pukul 03.02.44 WIB dengan parameter gempa bumi berkekuatan 2,9 SR pada koordinat episenter 1.90 LU dan 99.00 BT pada jarak 19 km Barat Daya Tapanuli Utara.

“Kedua sumber gempa bumi berada pada kedalaman hiposenter 10 km," kata Kepala BBMKG Wilayah I, Edison Kurniawan.

Berdasarkan peta guncangan (shake map) dan laporan yang diterima dari masyarakat, menunjukkan bahwa wilayah Sipahutar dan sekitarnya mengalami guncangan dengan skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal. Dan berdasarkan karakteristik sinyal, gempa bumi menunjukkan jenis gempa bumi tektonik yang diduga akibat Zona Sesar Sumatera pada Segmen Toru.

Hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tapanuli Utara dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Edison.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar