Taman Hewan Pematang Siantar Akan Tambah Jenis Satwa Langka

Taman Hewan Pematang Siantar Akan Tambah Jenis Satwa Langka

Pemilik Taman Hewan Pematang Siantar, Rahmat Shah

(rzp/eal)

Senin, 3 Desember 2018 | 15:28

Analisadaily (Medan) - Taman Hewan Pematang Siantar yang berada di Jalan Sudirman Kota Pematangsiantar menjadi salah satu taman hewan yang memiliki ribuan koleksi binatang. Koleksi ini terdiri dari 240-an jenis hewan di luar jenis ikan.

Pemilik Taman Hewan Pematangsiantar, Rahmat Shah mengatakan, pihaknya berencana melakukan penambahan binatang, seperti jenis-jenis ular langka yang nantinya bisa dipegang oleh pengunjung.

"Taman Hewan Pematang Siantar adalah tempat konservasi, edukasi dan rekreasi. Paling penting adalah tempat hiburan layak, mendidik, sehat dan terjangkau bagi masyarakat berbagai kalangan," kata Rahmat Shah di Medan, Senin (3/12).

Rahmat Shah yang juga sebagai Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) menyebut, dengan penambahan binatang diharapkan akan tumbuh keinginan, hasrat, dan jiwa masyarakat yang berkunjung untuk menyayangi alam, hewan dan habitatnya.

"Kalau dibilang cari duit di sini, tidak ada duitnya. Kita ingin menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap hewan dan habitatnya agar sama-sama menjaga dan menyayangi alam," ungkapnya.

Rahmat Shah membeberkan bahwa jumlah pengunjung Taman Hewan Pematang Siantar pada akhir pekan bisa mencapai 2.000 orang. Namun jika puncak hari libur, misalnya Lebaran dan Tahun Baru bisa mencapai 28.000 orang.

"Artinya, keinginan masyarakat berkunjung ke Taman Hewan Pematang Siantar tinggi. Di sana, orangutan tidak dikandangin, seperti open zoo, harimau, beruang juga begitu. Pagarnya kita pakai pagar alam, ada kolam berenangnya, harimau di sana jalan-jalan, gitu," terangnya.

Ulang Tahun 6 Desember 2018

Rahmat Shah mengungkapkan, Taman Hewan Pematang Siantar akan berulang tahun ke-82 pada tanggal 6 Desember 2018. Bagi masyarakat Sumut, diharapkan kunjungannya ke Taman Hewan Pematangsiantar tersebut dan juga ke taman-taman hewan lainnya yang ada di Indonesia.

"Taman Hewan Pematang Siantar merupakan tempat konservasi, edukasi, dan rekreasi yang layak, mendidik dan terjangkau. Kami jamin akan puas saat melihat satwa-satwa langka yang tidak pernah dilihat. Masyarakat lebih banyak menikmati kekayaan alam kita, flora dan fauna," tandasnya.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar