Taman Edukasi Diharap Dapat Tingkatkan Wawasan Pertanian

Taman Edukasi Diharap Dapat Tingkatkan Wawasan Pertanian

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi bersama para Kepala Sekolah SMA Kota Medan melihat hasil bercocok tanam hidroponik di Taman Edukasi Cakra di Jalan Pantai Bunga, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (17/11).

(rel/csp)

Minggu, 17 November 2019 | 12:17

Analisadaily (Deli Serdang) – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengembangkan Taman Edukasi Cakra di Jalan Delitua Pamah, Gang Bunga, Deliserdang. Lokasi ini ia jadikan sebagai salah satu wadah untuk belajar dan meningkatkan wawasan pertanian.

Ia berharap, Taman Edukasi Cakra bisa menjadi tempat belajar masyarakat dalam meningkatkan wawasan pertanian sekaligus memberi inspirasi tentang aktivitas pertanian dan ternak.

Pada saat itu, ia juga mengatakan, sangat disayangkan karena banyak orang yang tidak berminat, bahkan mulai meninggalkan aktivitas pertanian. Beragam faktor penyebab, salah satunya lahan, memakan waktu lama, dan sebagainya.

Padahal, lanjutnya menceritakan, ini adalah sektor yang menjanjikan karena manusia akan selalu makan. Butuh komoditas pangan.

"Anak-anak muda kita harus diberi pengertian ini. Mudah-mudahan nanti, anak sekolah kita dibawa dan belajar di sini," kata Edy saat meninjau dan memperkenalkan taman kepada kepala sekolah dan guru SMA, Jumat (15/11).

Saat ini inovasi pertanian dan ternak juga sudah semakin canggih. Berkebun, lanjutnya menjelaskan, di lahan sempit dan tengah kota bisa mencoba dengan teknik urban farming. Seperti metode hidroponik, teknik vertikultur atau penanaman vertikal, dan lainnya.

 Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memetik hasil panen bercocok tanam hidroponik di Taman Edukasi Cakra

Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memetik hasil panen bercocok tanam hidroponik di Taman Edukasi Cakra, Minggu (17/11)

"Minimal untuk kebutuhan atau sayuran pribadi kita kan lumayan itu dari kebun sendiri," tambahnya.

Kepala Sekolan Menengah Atas Negeri 1 Medan, Suhairi, mengapresiasi pengembangan Taman Edukasi Cakra itu.

Suhairi menginginkan, di lain waktu ia akan membawa siswanya untuk ikut berkunjung dan melihat sisi lain dari pertanian. Sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan minat para siswa di bidang pertanian.

"Seperti tujuan Pak Gubernur, taman ini untuk edukasi. Kami ke depan akan bawa siswa ke sini. Mereka bisa lihat, pertanian tak melulu soal kotor, tapi juga inovasi dan penelitian," ungkap Suhairi.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis, berterima kasih dan mengapresiasi Edy Rahmayadi yang memberikan kesempatan untuk meninjau taman, sekaligus wadah edukasi non formal yang akan dibuka bagi anak sekolah dan masyarakat umum nantinya.

"Pada pendidikan formal pendekatan sudah kita lakukan lewat revitalisasi SMKN. Nah, model edukasi seperti ini tentu akan mendukung dan mempercepat upaya kita mencapai tujuan menjadikan Sumut provinsi agraris," ujarnya.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi bersama para Kepala Sekolah SMA Kota Medan memberi makan sapi di Taman Edukasi Cakra di Jalan Pantai Bunga, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (17/11).

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi bersama para Kepala Sekolah SMA Kota Medan memberi makan sapi di Taman Edukasi Cakra di Jalan Pantai Bunga, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (17/11).

(rel/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar