SYF Tawarkan 'Rembuk Pemuda Desa' Kepada Bupati Sergai

SYF Tawarkan 'Rembuk Pemuda Desa' Kepada Bupati Sergai

Audiensi SYF dengan Bupati Serdang Bedagai, Soekirman

(eal)

Senin, 8 Juli 2019 | 16:04

Analisadaily (Serdang Bedagai) - Sergai Youth Forum (SYF) menggelar audiensi dengan Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, dalam rangka membahas peran pemuda dalam memajukan bangsa di Kantor Bupati Serdang Bedagai.

Audiensi ini diterima langsung oleh Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, didampingi staf ahli daerah, Santun Banjarnahor, serta perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Menurut Ketua SYF, M. Hariansyah, hal-hal yang dibahas dalam audiensi tersebut mengenai masalah-masalah yang berkutat pada generasi muda, antara lain maraknya penyalahgunaan narkotika dan dunia pendidikan.

"Atas dasar keresahan kita dalam melihat pemuda hari ini yang terjebak hal-hal negatif, saya bersama teman-teman mendirikan Sergai Youth Forum guna menyalurkan energi positif ke generasi muda," kata Hariansyah, Senin (8/7).

Lebih jauh Hariansyah menjelaskan bahwa penataan desa juga menjadi salah fokus mereka karena banyak pemuda desa yang sudah terjerumus ke hal-hal negatif.

"Melihat dana desa yang mengucur deras seharusnya desa sudah mampu berkembang dan maju. Namun lagi-lagi kita ketahui persoalan SDM sangat berperan dalam mengelola dana desa untuk digunakan dan dimanfaatkan secara optimal dan tepat sasaran," jelasnya.

Dalam kesempatan itu SYF menawarkan dan memaparkan salah satu program kepada Bupati Sergai bertajuk "Rembuk Pemuda Desa (RPD)".

"RPD ini adalah bentuk pelatihan yang ditujukan kepada para pemuda desa agar mereka mampu memajukan desanya dan memiliki kepekaan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh desa mereka. Sehingga nantinya pemuda yang telah dibekali melaui pelatihan dapat menjadi inisiator perubahan di desanya masing-masing dan menciptakan produk unggulan desa yang dikelola melalui Bumdes," jelasnya.

Tawaran inipun disambut baik oleh Bapak Bupati Serdang Bedagai. Menurutnya saat ini minim pemuda yang memeluki kepedulian terhadap daerahnya.

"Saat ini kita memang kekurangan pemuda-pemuda yang memiliki kemauan dan kepedulian terhadap daerahnya. Hal-hal semacam ini harusnya terus diberdayakan dan digencarkan sehingga jika semakin banyak pemuda yang bergerak maka semakin cepatlah majunya daerah tersebut," kata Soekirman.

Selain menawarkan program RPD, SYF juga memberitahukan program-program kerja mereka ke depan seperti Sergai Mengabdi, Pantai Timur Camping Festival, Jambore Osis, Bank Sampah dan Festival Desa. 

Mendengar hal itu, Bupati Serdang Bedagai langsung memberikan wadah untuk melaksanakan program kerja yang disusun oleh SYF, salah satunya adalah bergabung dalam Kemah Pemuda Sergai.

(eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar