Survei SMRC: Jokowi-Amin Unggul Atas Prabowo-Sandi

Survei SMRC: Jokowi-Amin Unggul Atas Prabowo-Sandi

Capres nomor urut 01, Joko Widodo berjabat tangan dengan capres nomor urit 02, Prabowo Subianto, Jumat (12/4)

(rel/csp)

Jumat, 12 April 2019 | 12:17

Analisadaily (Jakarta) – Lembaga Penelitian dan Konsultasi Lembaga Siaful Mujani (SMRC) mengadakan survei eletabilitas terhadap pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada 5-8 April 2019.

Dukungan untuk pasangan Jokowi-Amin 56.8 persen, sedangkan Prabowo-Sandi, 37 persen dukungan.

“Dengan pengukuran langsung, dukungan terhadap Jokowi-Amin 56.8 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 37 persen dan yang tidak tahu atau merahasiakan pilihan sebesar 6.3 persen,” kata Direktur Riset SMRC, Deni Ivan saat konferensi pers di Jalan Cisadane, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4).

Survei ini dilakukan dari seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih pada Pemilihan Umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika dilakukan survei.

Dari populasi itu, dipilih secara random 2568 responden. Reponden yang diwawancarai secara valid sebanyak 2285 atau 89 persen dianalisis.

Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel kurang lebih 2.1 persen pada tingakt kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Margin of error survei bisa lebih besar karena design effect. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Dibanding Februari 2019, elektabilitas Jokowi-Amin pada April ini relative stabil atau perubahannya sekitar 0.8 persen, menurun tapi sangat sedikit. Sementara Prabowo-Sandi mengalami kenaikan dari 31.8 persen menjadi 37 persen.

“Pemilihan Presiden masih sekitar 1-2 pekan lagi jika dihitung dari waktu survei ini diadakan. Sehingga perubahan dukungan dari pemilih masih mungkin terjadi,” ujar Deni.

(rel/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar