Suplai Listrik Selama Lebaran Dipastikan Aman

Suplai Listrik Selama Lebaran Dipastikan Aman

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar (tengah.

(rel/rzp)

Senin, 19 Juni 2017 | 20:17

Analisadaily (Medan) - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar mengatakan, tidak hanya soal bahan bakar minyak, Sumatera Utara juga tidak akan mengalami kendala suplai listrik dalam suasana perayaan Idul Fitri 1438 H.

“Belajar dari tahun-tahun sebelumnya. Saya ingin tahu kesiapan pembangkit, gardu dan transmisi, agar tahun ini bisa diantisipasi lebih awal,” kata Arcandra saat mengunjungi Kapal Listrik (Marine Vessel Power Plan/MVPP) MV Karadeniz Powership Onur Sultan di Pulau Sicanang, Senin (19/6).

Berdasarkan pemaparan dari manajemen PLN, sebut Arcandra, Kapal Listrik akan menambah kapasitas daya listrik wilayah Sumbagut sebesar 240 MW. Tambahan daya dapat ditingkatkan hingga dua kali lipat bila diperlukan.

“Fasilitas ini, satu dari lima unit pembangkit listrik terapung dari Turki yang beroperasi di Indonesia,” sebutnya.

Pasokan dari kapal Onur Sultan akan menambah jumlah cadangan listrik Sumut menjadi 400-500 MW. Saat ini Sumut memiliki cadangan pasokan listrik 200-300 MW dengan beban puncak 2.030 MW.

Pengoperasian Kapal Listrik hasil kerja sama yang baik antara DPR dan Pemerintah dalam mencari solusi bagi permasalahan listrik, khususnya di wilayah Sumatra Bagian Utara. Kemudian dilaksanakan dengan waktu yang relatif cepat oleh PLN.

“Listrik di Sumut sebelumnya mengalami kekurangan daya. Kami sangat mendukung warga Sumut yang dulu listriknya sering mati, ke depannya bisa tidak seperti itu,” tandasnya.

(rel/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar