Sumut Targetkan Masuk Lima Besar STQN XXV di Pontianak

Sumut Targetkan Masuk Lima Besar STQN XXV di Pontianak

Pembukaan STQN XXV (Istimewa)

(rel/rzd)

Minggu, 30 Juni 2019 | 10:03

Analisadaily (Pontianak) - Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) XXV tahun 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat, resmi dibuka Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, Sabtu (29/6) malam.

Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan beduk dan dentuman meriam karbit raksasa sebanyak dua puluh lima kali. Dalam perhelatan yang berlangsung mulai 27 Juni hingga 6 Juli 2019, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menargetkan meraih peringkat lima besar secara nasional.

“Kita menargetkan masuk dalam peringkat lima besar nasional. Sebab selama ini kita sudah memiliki berbagai prestasi, baik dalam event-event sebelumnya,” kata Kepala Biro Binsos dan Kemasyarakatan Setdaprovsu, Muhammad Yusuf, usai pembukaan STQN tahun 2019.

Dijelaskan Yusuf, Sumut sebelumnya pernah meraih juara umum ketiga di MTQN XXVII tahun 2018 di Sumut, dengan meraih 4 emas, 3 perak dan 8 perunggu. Meraih juara II cabang tafsir Al Quran bahasa Inggris Putra pada MTQN XXVI di Mataram.

Sumut juga pernah meraih juara I qori dewasa putra dan juara I qori anak-anak, serta terpilih menjadi peringkat ketujuh pada MTQN XXV di Batam, Kepri. Apalagi lanjut Yusuf, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dan Wagub Sumut, Musa Rajekshah, memberikan dukungan yang penuh baik moril dan materil kepada 20 kafilah Sumut yang akan mengikuti lomba.

“Mudah-mudahan dengan dukungan dan doa dari kita semua, kafilah kita bisa memberikan yang terbaik bagi Sumatera Utara,” terangnya.

Ketua LPTQ Sumut yang juga Ketua rombongan kafilah asal Sumut, Fuad Helmi Lubis menambahkan, para kafilah sebelumnya sudah melakukan latihan yang serius. Ada tiga tahapan latihan yang sudah mereka lalui. Latihan tersebut tidak hanya dilakukan di Medan juga di Jakarta. Selain itu kafilah Sumut juga dibina oleh pelatih yang berkompeten.

“Jadi mereka itu dilatih oleh qori nasional. Seperti Azhari, Said Agil Al Munawar, Muhajir dan lainnya. Insya Allah Sumut bisa masuk dalam peringkat lima besar. Mari kita doakan agar Sumut lebih bermartabat,” papar Fuad.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar