Sumut Dinilai Wajib Punya Sport Centre Representatif

Sumut Dinilai Wajib Punya Sport Centre Representatif
Diskusi Publik Sumut Menuju PON 2024.

 

(aa/rzp)

Rabu, 22 November 2017 | 21:40

Analisadaily (Medan) - Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara (LIPSSU) terus mendorong Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk membangun sport centre yang representatif. Hal itu dilakukan demi menunjang Sumut untuk menjadi calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024.

Demikian dikatakan Direktur LIPPSU, Azhari AM Sinik, usia Diskusi Publik Sumut Menuju PON 2024 dalam Konstelasi Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro), di Hotel Grand Antares, Medan, Rabu (22/11).

"Diskusi bertujuan untuk mendobrak Pemprovsu bersiap melakukan sejumlah program menyangkut infrastruktur olahraga dan pariwisata. Ini sesuai dengan diskusi yang pertama pada 2016 lalu, bagaimana Sumut harus ada kawasan olahraga yang representatif untuk menjadi tuan rumah PON 2024 nantinya," ucapnya.

Persiapan untuk menjadi tuan rumah PON harus berjalan sesuai perencanaan. Hal ini tertuang di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2011 tentang rencana tata ruang kawasan perkotaan Mebidangro. Begitu juga Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Utara tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Provsu Tahun 2005-2025.

Untuk itu diharapkan Pemprovsu juga mampu membangun kawasan olahraga dengan memaksimalkan sejumlah lahan seperti eks Hak Guna Usaha (HGU) di Kabupaten Deli Serdang.

"Sebaiknya, kawasan sport centre sedikitnya dibangun dengan luas 200 hektare. Kita tidak punya yang namanya kawasan olahraga. Kalau bicara sport centre di Pancing, itu belum cukup. Kita lihat saja bagaimana mulai dari penataan serta luasnya dan parkir saja nantinya tidak cukup," katanya.

Diharapkan dari diskusi ini sejumlah lapisan bersinergi untuk mendukung Sumut menjadi tuan rumah PON. "Terutama, gubernur dan kepala daerah (walikota/bupati) harus lah bersinergi untuk menjadikan Sumut layak menjadi tuan rumah," tandasnya.

Hadir pada acara diskusi, Jumiran Abdi (tokoh Sumut), Joharis Lubis (Formi Sumut), Sujamrat Amro (Disporasu), Toni Simatupang (Bina Marga Provsu) dan lainnya.

(aa/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar