Sumut Berada di Tingkat 28 Terkait Kerawanan Pemilu

Sumut Berada di Tingkat 28 Terkait Kerawanan Pemilu

Apel Kesiapan.

(jw/rzd)

Kamis, 11 April 2019 | 14:30

Analisadaily (Medan) - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada 17 April 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara dan Kodam l/Bukit Barisan akan menurunkan 22 ribu personel keamanan yang akan disebar di seluruh wilayah Sumatera Utara.

"Jumlah pasukan untuk jajaran Polda Sumut dengan bantuan TNI ada 22 ribu yang akan tersebar di lapangan, baik itu pengamanan TPS dan mem-back up situasi keamanan lainnya," kata Kapolda, Irjen Pol Agus Andrianto, usai Apel Kesiapan dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 di Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Lapangan Benteng, Kota Medan, Kamis (11/4).

Agus menjelaskan, dalam pengaman Pemilu, Polda Sumut di-back up Kodam l/Bukit Barisan. Dalam Apel Kesiapan Pemilu ini pihaknya mendapat kehormatan untuk melakukan apel kesiapan yang dihadiri dan dicek Panglima TNI dan Kapolri.

"Artinya beliau meyakinkan betul pada pihak keamanan di Sumut siap melakukan tahapan pengamanan Pemilu yang sebentar lagi kita laksanakan," jelasnya.

Menurut Agus, untuk potensi kerawanan Pemilu di Sumut, pihak Polri mengacu data  yang di keluarkan KPU RI.

"Kalau dari index yang dikeluarkan KPU, Sumatera Utara ini urutan ke-28 dari 34. Namun demikian kita tidak boleh underestimate (meremehkan) kita tetap siaga, waspada dan siap sedia untuk tahapan Pemilu," ucapnya.

Pangdam I/BB, Mayor Jenderal TNI Sabrar Fadhilah mengamini apa yang dikatakan Kapolda Sumut.

"Saya didampingi unsur TNI menegaskan, TNI siap mendukung Polri untuk menyelenggarakan Pemilu agar aman dan damai," tuturnya.

Pangdam juga menegaskan tentang netralitas, dan sudah menjadi keharusan serta memberitahukan kepada masyarakat agar jangan takut dalam Pemilu nanti, dalam pesta demokrasi nanti TNI dan Polri siap mengamankan.

"Kami ada tahapannya bahwa ini pesta demokrasi, kami mengedepankan masyarakat agar mengajaknya untuk menyukseskan Pemilu. Dari sisi jumlah, Kodam l/BB ada empat provinsi, Sumut, Sumbar, Kepri, dan Pekanbaru. Secara jumlah ada 20 ribu kami siapkan. Polda 10 ribu. Jumlah ini berbeda dengan yang lain, karena terkait jumlah TPS dan luas wilayah," tambah Pandam l/BB.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar