Sumut Ambil Bagian Dalam Rekor MURI Parade Perahu Jukung BKKBN

Sumut Ambil Bagian Dalam Rekor MURI Parade Perahu Jukung BKKBN

Rekor MURI Parade Perahu Jukung BKKBN.

(eal/rzd)

Jumat, 5 Juli 2019 | 16:41

Analisadaily (Banjarmasin) - Pada Harganas XXVI yang diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan, rangkaian acara dimeriahkan dengan atraksi Parade KIE Media Tradisional Jukung Hias Program KKBPK di Menara Pandang Siring, Sungai Martapura.

Kegiatan itu dihadiri langsung Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Utara, Nawal Lubis Edy Rahmayadi didampingi para Pengurus TP-PKK Prov. Sumut dan Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega, serta Kadis PPKB Prov. Sumut.

Ini merupakan parade mengadopsi festival jukung hias yang merupakan kegiatan budaya sungai digelar tiap tahun oleh pemerintah Kota Banjarmasin dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Banjarmasin, yang dikenal dengan Kota Seribu Sungai.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, sejarah bagi rakyat Kalsel ada perahu hias dengan ciri provinsi dari seluruh Indonesia semua disatukan di Sungai Martapura.

"Kegiatan ini merupakan wujud dukungan Pemprov Kalsel dalam mendukung program KKBPK. Semoga kegiatan ini menjadi sarana KIE Program KKBPK, sehingga dapat menciptakan keluarga sejahtera," harap Sahbirin Noor, Jumat (5/7).

Pada Parade KIE Media Tradisional Jukung Hias Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), 34 perahu/jukung dihias dengan desain yang mempromosikan Program KKBPK dan mengangkat budaya lokal 34 provinsi di Indonesia.

Desain dan dekorasi perahu/jukung menampilkan logo BKKBN, logo, tema dan maskot/ikon Harganas serta lambang/logo 34 pemerintah daerah provinsi yang menjadikan kegiatan ini dianugerahi Rekor MURI dari Museum Rekor Indonesia, untuk kategori Parade Perahu Jukung Terbanyak dengan Tema 34 khas Provinsi.

Untuk Provinsi Sumut, perahu jukung hias diangkat tema khas suku Melayu Deli dengan hiasan ornamen bangunan Istana Maimun yang di isi para peserta menggunakan berbagai busana adat khas Sumut, termasuk diantara busana adat Melayu, Batak Toba, dan Mandailing, Karo, serta Nias.

Rekor MURI Parade Perahu Jukung BKKBN.

Rekor MURI Parade Perahu Jukung BKKBN.

Festival jukung hias merupakan event tahunan sebagai wujud pelestarian sejarah dan budaya Banjarmasin. Keberadaanya selalu menarik perhatian warga kota Banjarmasin dan sekitarnya karena perayaan yang semarak.

Dengan mengintegrasikan festival jukung hias ini dalam perayaan Harganas, maka Kegiatan Parade KIE Media Tradisional Jukung Hias Program KKBPK menjadi momentum strategis untuk promosi, sosialisasi dan KIE Program KKBPK.

(eal/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar