Sumatera Utara Bakal Punya Museum Air

Sumatera Utara Bakal Punya Museum Air

(Istimewa)

(rel/rzd)

Sabtu, 13 Juli 2019 | 17:29

Analisadaily (Medan) - Sumatera Utara (Sumut) berencana membangun museum air PDAM Tirtanadi yang nantinya dapat menjadi media edukasi kepada masyarakat. Museum akan dibangun di Menara Air PDAM Tirtanadi dan untuk pembuatan desainnya didukung Gramedia Pustaka Utama.

“Awalnya saya sampaikan dengan Direksi PDAM Tirtanadi yang baru, kira-kira apa yang bisa dilakukan tidak semata untuk persoalan air minum, tapi edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana air dan khususnya tower air yang dibangun pada zaman Belanda tahun 1908,” kata Wagub Sumut, Musa Rajekshah, Sabtu (13/7).

Diharapkan Wagub Sumut, ke depan Museum Air itu akan dibuka untuk umum sehingga masyarakat, terutama anak-anak dapat melihat sejarah menara air PDAM Tirtanadi, bagaimana prosesnya dengan tujuan agar mereka dapat menjaga lingkungan terutama ketersediaan air di masa depan.

“Kepada pihak Gramedia kita meminta masukan kiranya bagaimana membuat museum yang baik sehingga dapat menjadi media edukasi juga tempat kunjungan wisata sehingga keberadaannya membanggakan bagi PDAM Tirtanadi,” ujarnya.

Wagub juga meminta bantuan kepada Gramedia untuk bersama-sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumut mewujudkan pojok baca, tidak hanya di Medan tapi juga di daerah-daerah dan tempat umum, seperti perpustakaan mini sehingga dapat meningkatkan semangat membaca.

“Ini juga menjadi hal yang penting. Sebab, tanpa membaca dan melihat sejarah yang ada bagaimana kita ini bisa meningkatkan kecintaan terhadap Sumut. Selain itu dengan minat baca yang baik, SDM kita juga pasti akan lebih baik ke depan,” ujarnya.

Direktur Utama Gramedia Pustaka Utama, Wandi S Brata mengatakan, sebelumnya sudah ada beberapa program yang digagas seak lama, intinya bagaimana mempromosikan pariwisata Sumut, seperti sejarahnya. Oleh karena itu, bekerjasama dengan PDAM Tirtanadi akan dibuat Museum Air.

“Dalam hal ini kami diminta untuk memberikan ide-ide akan seperti apa, jadi semacam desainnya nanti seperti apa,” terang Wandi.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam waktu dekat rencana pembangunan Museum Air ini akan direalisasikan. “September nanti istilahnya akan dimulai pemasangan batu pertama pembangunannya yang berlokasi di Menara Air PDAM Tirtanadi,” papar Wandi.

Terkait kontribusi Gramedia terhadap rencana realisasi pojok baca di Sumut dikatakannya baru dianggarkan tahun 2020. Gramedia juga lanjut dia, akan mendukung pengembangan pariwisata Sumut dengan konten pengembangan IT seperti membuat buku, video animasi hingga membuat film pendek.

“Kita tidak hanya mendukung pembangunan museum air, tapi juga pemberdayaan masyarakat, selama ini Kompas Gramedia sejak dulu sudah bergerak di bidang peningkatan intelektual, kecerdasan dan perluasan wawasan,” terangnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar