Sumatera Barat Tuan Rumah HPN 2018

Sumatera Barat Tuan Rumah HPN 2018

PWI.

(hers/rzd)

Rabu, 22 Maret 2017 | 10:07

Analisadaily (Medan) - Sumatera Utara belum berpeluang menjadi tuan rumah penyelenggara Hari Pers Nasional (HPN) 2018. Dalam rapat pleno plus dihadiri 23 anggota pengurus, menetapkan Sumatera Barat menjadi tuan rumah HPN 2018.

Dalam rapat dilaksanakan di sekretariat PWI Pusat Gedung Dewan Pers, Selasa (21/3) siang itu, ditampilkan presentasi dari tiga tim yang diutus PWI Pusat melakukan verifikasi di Kota Medan, Padang dan Solo.

Kedatangan tim untuk mengecek kesiapan para calon. Secara umum peserta rapat berpendapat ketiga kota memiliki kesiapan yang sama dalam hal akomodasi, transportasi dan komitmen pimpinan daerah serta para pemangku kepentingan.

Pada akhirnya rapat pleno PWI Pusat setelah mempertimbangkan berbagai faktor, memutuskan memberikan kesempatan kepada Sumatera Barat jadi tuan rumah HPN 2018 karena mengajukan permohonan pada tahun lalu.

"Untuk PWI Pusat menyampaikan terima kasih kepada PWI Sumut dan Surakarta yang telah melakukan persiapan sungguh-sungguh sebagai calon tuan rumah," kata Ketua Umum PWI Pusat, Margiono, dan Sekjen, Hendry Ch. Bangun, dalam surat bernomor 022/PWI-P/LXXI/2017 ditujukan kepada seluruh pengurus PWI se-Indonesia dan diterima Ketua PWI Sumut, H Hermansjah.

Ketua PWI Sumut, H Hermansjah, dan Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut, H. Sutan Ferinanda Putra Sinik Tanjung, SE, secara terpisah menyatakan perjuangan PWI dan SPS untuk jadi tuan rumah sudah cukup maksimal, seperti memaparkan kelebihan Sumut dibanding dua calon lainnya itu seperti soal penginapan dan transportasi serta objek wisata di Sumatera Utara seperti Danau Toba yang diformat jadi wisata kelas dunia.

"Termasuk kesiapan Pemerintah Provinsi melalui Gubsu tengku Erry Nuradi dan Wagubsu Nurhajizah Marpaung yang menyatakan kesiapan Sumut bila ditunjuk jadi tuan rumah. Tapi apa daya kita kalah dengan Sumbar," kata Hermansjah kecewa, karena tekad dan semangat Gubsu yang luar biasa untuk membuat sejarah HPN 2018 di Sumutan belum mampu terujud dalam waktu dekat.

"Insyaallah kalau diberi kesempatan kita akan mencalonkan lagi tahun depan, dengan persiapan dan agenda lebih jelas dan konkrit lagi, sehingga keinginan Sumut jadi tuan rumah HPN benar-benar terwujud," tambahnya.

Sejumlah pengurus PWI Sumut di antaranya Sekretaris, Eduard Taher, penasehat, Simon Pramono dan anggota Dewan Kehormatan, Nurhalim Tanjung, juga menyatakan kekecewaannya ketika mengetahui HPN 2018 belum terlaksana di Sumut. Padahal keinginan Gubsu Tengku Erry untuk mengangkat marwah wartawan di daerah ini sangat luar biasa dan pantas diacungi jempol.

Bahkan dua mantan Ketua PWI Sumut, yakni HM Yazid dan HM Zaki Abdullah, sempat menyatakan kekagumannya atas semangat dan tekad Tengku Erry meski sempat dipatahkan semangatnya untuk jadi tuan rumah, tapi beliau tidak patah semangat. Malah mengutip pepatah Melayu, "Sekali layar terkembang Surut Kita Berpantang", yang berarti semangat pantang mundur untuk jadi tuan rumah HPN 2018.

"Namun ketentuan berkata lain kita belum rezeki untuk melaksanakan HPN tahun depan," ujar HM Zaki Abdullah melalui saluran telepon, sembari berharap rekan-rekan pengurus PWI Sumut agar tak patah semangat meski belum berhasil jadi tuan rumah HPN.

(hers/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar