Suasana Haru Selimuti Keberangkatan Jemaah Calon Haji

Suasana Haru Selimuti Keberangkatan Jemaah Calon Haji

Salah seorang jemaah calon haji tampak melambaikan tangan saat berangkat dari Asrama Haji, Medan, Jumat (12/7)
 

(jw/csp)

Jumat, 12 Juli 2019 | 19:21

Analisadaily (Medan) - Suasana haru mewarnai keberangkatan 393 jemaah calon haji kloter pertama Embakasi Medan, Jumat (12/7). Banyak jemaah dan keluarga yang tak kuasa menahan tangis saat menaiki bus-bus yang telah disiapkan di Asrama Haji menuju Bandara Kualanamu.

Hal tersebut tampak ketika petugas membacakan doa talbiyah. Beberapa jemaah pun meneteskan air mata sambil melafaskan, Labbaika allahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik. innal hamda wan ni'mata laka wal mulka laa syariilak.

Bukan hanya itu, suasan haru juga terjadi saat seorang jemaah perempuan yang berusia 98 tahun, Jaliyah Dorem Usman dibawa ke depan oleh panitia bertemu Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi pun langsung bersalaman dengan Jaliyah. "Doakan kami di sini, Bu," ucap Edy sebelum memberangkatkan jemaah calon haji.

Edy kemudian mendorong kursi roda Jaliyah menuju bus yang akan mereka gunakan untuk berangkat ke Bandara Kualanamu. Jemaah perempuan asal Medan tersebut terpaksa harus menggunakan alat bantu kursi roda selama menjalankan ibadah haji.

Dia ditemani anaknya untuk menunaikan rukun Islam kelima itu. Satu per satu jemaah calon haji kemudian naik ke bus. Di luar, keluarga telah menunggu untuk melepas keberangkatan mereka.

Beberapa jemaah calon haji, terutama yang telah berusia senja, tampak begitu terharu. Mereka berpelukan dengan keluarga. Baik keluarga maupun calon jemaah haji terlihat meneteskan air mata.

Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Iwan Zulhami mengatakan, para tamu Allah kemudian bertolak ke Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Selepas maghrib, bergerak menuju Jeddah, Arab Saudi.

"Nantinya, Di sana, mereka akan didampingi oleh panitia yang sama-sama berangkat. Kloter pertama ini ada lima petugas haji yang turut serta," kata Iwan.

Ia berharap, semoga para calon jemaah haji, selalu sehat dan dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar. "Kami harap, ibadahnya lancar. Bila ada kesulitan segera berkomunikasi dengan petugas. Dengan begitu tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan haji mambrur," harap Iwan.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar