Status Gunung Sinabung Masih Siaga Level III

Status Gunung Sinabung Masih Siaga Level III

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 7.000 meter pada Minggu (9/6) kemarin. (Sumber Foto: Istimewa/BPBD/Sutopo Purwo Nugroho)

(rel/rzd)

Selasa, 11 Juni 2019 | 11:35

Analisadaily (Karo) – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 7.000 meter pada Minggu (9/6) sekitar pukul 16.28 WIB. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menahan status gunung pada siaga level III.

Kepala PVMBG, Kasbani mengatakan, pihaknya masih menahan status gunung api tersebut karena dampak erupsi yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Pihaknya akan melihat, apakah ada potensi dampak yang besar atau tidak ke depannya.

“Kita terus pantau. Ke depan, jika ada potensi ancaman lebih besar, segera dinaikkan ke awas atau level IV,” kata Kasbani, Selasa (11/6).

Diterangkannya, jika Sinabung sudah sampai pada level awas, bisa diartikan bahwa gunung ini akan segera meletus dalam waktu dekat, dan menimbulkan bencana besar. Sementara saat ini Sinabung belum berpotensi ke arah sana.

Meski masih berstatus level siaga, PVMBG tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat untuk menjauhi dan mengosongkan zona merah yang telah ditetapkan. Sebab, sampai saat ini aktivitas gunung api tersebut masih terus terjadi.

“Sama dengan Gunung Agung di Bali dan beberapa gunung lainnya, di Indonesia,” ujarnya.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar