Status Gunung Sinabung Diturunkan Menjadi Siaga Level III

Status Gunung Sinabung Diturunkan Menjadi Siaga Level III

Gunung Sinabung, Senin (20/5)

(jw/csp)

Senin, 20 Mei 2019 | 13:11

Analisadaily (Medan) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dan Badan Geologi menurunkan status aktivitas Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara dari level IV (Awas) menjadi level III (Siaga).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengatakan, penurunan status tersebut berdasarkan surat nomor 948/45/BGL.V/2019 dari Kementerian ESDM Badan Geologi.

"Benar, dan penurunan status itu per tanggal 20 Mei 2019, pukul 10.00 WIB hari ini. Tingkat aktivitas Sinabung ini dapat dievaluasi kembali untuk dinaikkan atau diturunkan sesuai tingkat ancaman atau potensi bahayanya," kata Armen saat dihubungi Analisadaily.com, Senin (20/5).

Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung merekomendasikan, masyarakat tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah di relokasi di dalam radius 3 KM untuk sektor Barat-Selatan, radius 5 KM untuk sektor Selatan-Timur, radius 4 KM untuk sektor Timur-Utara, dan radius 3 KM untuk sektor Utara-Barat dari puncak Gunung Sinabung.

"Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi juga akan selalu berkoordinasi dengan BPNPB, BPBD Sumut dan BPBD Karo dalam memberikan informasi aktivitas Gunung Sinabung dan masih ada rekomendasi lainnya," pungkas Armen.

Secara geografls, Gunung Sinabung terletak pada posisi koordinat 3°10' LU dan 98°23,5' BT, dengan ketinggian puncak 2.460 mdpl.

Secara adminimstratif Gunung Sinabung masuk ke wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Desa Ndokum Siroga. Kecamatan Simpang Empat. Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Pada tanggal 3 November 2013, tingkat aktivitas Gunung Sinabung dinaikkan dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga). Peningkatan terus berlanjut dan tanggal 24 November 2013 aktivitas Gunung Sinabung dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas).

Kemudian pada tanggal 8 April 2014 tingkat aktivitas Gunung Sinabung kembali diturunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga). Namun kembali meningkat secara visual dan Instrumental, sehingga terhitung tanggal 2 Juni 2015 Pukul 23:00 WIB dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas).

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar