Sosok Pengganti Jack Ma Sebagai Ketua Alibaba

Sosok Pengganti Jack Ma Sebagai Ketua Alibaba

Jack Ma (Reuters/Asia One)

Senin, 10 September 2018 | 11:45

Analisadaily - Teka-teki tentang keputusan Co-founder karismatik perusahaan e-commerce terbesar Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd, Jack Ma, akhirnya terjawab. Pihak perusahaan menyatakan Jack Ma akan mundur sebagai ketua.

Direktur Utama Alibaba saat ini, Daniel Zhang, akan menggantikannya sebagai ketua, sementara Jack Ma akan menyelesaikan masa jabatannya di dewan direksi Alibaba setelah rapat umum tahunan perusahaan pada 2020.

Dilansir dari Asia One, Jack Ma melepaskan peran kepala eksekutif pada 2013. Zhang, 46, telah bekerja sejak 2015 setelah menjabat sebagai chief operating officer perusahaan.

Jack Ma, yang berusia 54 tahun pada hari ini, Senin (10/9), akan terus membimbing manajemen senior sebagai bagian dari dewan penasehat yang disebut Alibaba Partnership.

Zhang, 46, sebelumnya menjabat sebagai chief operating officer perusahaan. Ia dikenal sebagai arsitek kunci dari "Singles Day" Alibaba, acara 11 November yang telah menjadi acara belanja online terbesar di dunia.

"Saya akan bekerja sama dengan Daniel untuk memastikan transisi yang lancar dan sukses," kata Jack Ma dalam sepucuk surat yang dirilis oleh perusahaan.

Daniel Zhang (Reuters/Asia One)

Daniel Zhang (Reuters/Asia One)

Jack Ma, yang mendirikan Alibaba pada tahun 1999, adalah salah satu orang terkaya di Tiongkok dengan kekayaan bersih $36,6 miliar, menurut Forbes. Sementara perusahaan telah berkembang untuk memiliki lebih dari 66.000 karyawan penuh waktu dan nilai pasar sekitar $420 miliar.

Mantan guru bahasa Inggris tanpa latar belakang teknis, Jack Ma memiliki banyak pengikut di Tiongkok dan dilihat sebagai ikon kekayaan buatan sendiri.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar